Tanda Awal Kehamilan - BBT: Ketahui tanda awal kehamilan saat wanita mengalami kehamilan muda agar kita bisa menyiapkan kehamilan secara matang dan menjaga kehamilan dengan baik

Tanda Awal Kehamilan

Tanda umum awal kehamilan-Sebagai pasangan yang baru menikah dan telah menginginkan buah hati hadir dalam keluarga baru mereka tentu ingin segera hamil. Namun sayang sekali terkadang para wanita ataupun kedua pasangan tidak menyadari tanda tanda awal kehamilan muda tersebut sehingga sering terjadi keguguran yang tidak disengaja karena kurangnya pengetahuan mengenai terjadinya awal kehamilan.
Tanda Awal Kehamilan
Dan ada pula pasangan yang salah mengerti mengira gejala-gejala yang dialami istri misalnya terlambat menstruasi sebagai tanda kehamilan ternyata malah bukan.
Jadi, tentu kita perlu juga mengetahui apa saja tanda-tanda umum awal kehamilan sehingga kita dapat mempersiapkan diri dan menjaga kehamilan tersebut.

Berikut ini tanda-tanda awal kehamilan

Terlambat menstruasi
Terlambatnya menstruasi menjadi salah satu tanda terjadinya kehamilan karena wanita yang sedang hamil tidak akan lagi mengalami menstruasi selama kehamilannya.

Muncul bercak darah atau flek dan kram perut
Bercak darah atau flek yang muncul sebelum datang menstruasi sering dianggap para wanita yang hamil sebagai menstruasi padahal ini terjadi karena implantation atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Flek ini juga sering diikuti dengan kram perut yang teratur.

Mual dan Muntah (Morningsickness)
Mual dan muntah ini terjadi dikarenakan peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) di dalam tubuh yang menimbulkan efek pedih dalam perut shingga menyebabkan mual dan muntah.

Kebanyakan wanita hamil mengalami mual dan muntah pada pagi hari, namun sebagian wanita juga mengalami mual dan muntah hampir sepanjang hari yaitu pagi, siang dan juga malam.

Sering buang air kecil
Selain karena peningkatan hormon, sering buang air kecil juga disebabkan karena janin yang sedang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga kandung kemih lebih cepat dipenuhi urine.

Sering meludah
Ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon esterogen

Pusing, sakit kepala, lelah dan sering mengantuk
Ini disebabkan karena adanya perubahan-perubahan hormonal didalam tubuh dan kinerja tubuh yang setelah hamil akan bekerja lebih dari biasanya.

Sembelit
Ini terjadi karena peningkatan hormon progesterone yang menyebabkan pengenduran otot-otot rahim yang berakibat juga pada pengenduran otot dinding usus sehingga menyebabkan susah buang air besar.

Naiknya temperatur basal tubuh
Suhu basal tubuh akan meningkat saat terjadinya proses pembuahan atau ovulasi, peningkatan suhu basal tubuh ini akan terjadi selama terjadinya kehamilan.

Perubahan payudara
Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan payudara seperti membesar, semakin lembut dan sensisitif sehingga akan terasa nyeri jika dipegang, puting susu membesar dan kehitaman. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon esterogen dan progesteron dan persiapan payudara untuk memproduksi air susu ibu.

Itulah tanda-tanda umum awal kehamilan. Akan tetapi tidak semua wanita hamil akan mengalami semua tanda awal kehamilan tersebut karena ada yang hanya mengalami sebagian tanda kehamilan tersebut bahkan adapula yang tidak mengalaminya. Namun tentu harus diperhatikan dan dicek secara seksama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran.

Semoga artikel ini memberi manfaat dan menambah pengetahuan kita.

(Diambil dari berbagai sumber)
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
Arsip
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Tanda Awal Kehamilan yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat