Pengertian Autisme Dan Cara Penanganannya - BBT: Apakah pengertian sebenarnya dari autisme dan apa penyebab autisme dan bagaimana cara penanganannya. Berikut ini ulasan mengenai pengertian dan cara penanganan anak autisme

Pengertian Autisme Dan Cara Penanganannya

Apakah yang disebut dengan Autisme dan bagaimana cara penanganannya? Artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai apa itu autisme dan cara menangani anak dengan autisme.
Berikut daftar isi artikel mengenai Autisme
Pengertian Autisme
Cara Penanganan Autisme
Pengertian Autisme Dan Cara Penanganannya

Pengertian Autisme

Autisme adalah gangguan kompleks pada saraf yang ditandai dengan kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku terbatas, berulang-ulang dan karakter stereotip. Atau secara sederhananya autisme merupakan suatu kelainan otak yang mempengaruhi perkembangan seseorang. Gejala autis biasanya sudah muncul dan dapat dideteksi sebelum anak berusia 3 tahun.

Gangguan otak yang mepengaruhi proses perkembangan anak ini dapat membuat anak sulit melakukan interaksi dan komunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Dia lebih suka menyendiri, melamun, berbicara sendiri, seolah-olah dia hidup dalam dunianya sendiri.

Hingga saat ini belum dapat diketahui dengan pasti apa penyebab autis. Para ahli yang telah melakukan penelitian tentang autisme ini menyatakan bahwa gangguan perkembangan ini merupakan interaksi antara faktor genetik dan berbagai paparan negatif dari lingkungan.

Anak dengan autisme memang sulit melakukan interaksi dan komunikasi namun tidak semua gejala dapat terdeteksi dengan mudah sehingga masalah ini harus diperiksakan dan didiagnosa secara seksama oleh dokter anak atau para ahli professional yang berpengalaman dalam menangani kasus autisme ini.

Cara Penanganan Autisme

Tidak ada obat-obatan khusus untuk mengobati autisme namun beberapa obat dapat digunakan untuk membantu mengatasi beberapa gejala autisme, seperti tingkah laku agresif anak atau gejala tidak bisa tidur. Sementara itu beberapa anak dengan autisme dapat meningkatkan atau memperbaiki kondisinya pada saat mereka dewasa dengan memberikan terapi. Konsultasikanlah kepada dokter jenis-jenis pengobatan atau terapi yang terbaik sesuai tahapan autisme pada anak.

Di Indonesia sendiri penanganan terapi bagi anak autisme telah banyak tersedia. Beberapa terapi yang dilakukan seperti terapi perilaku, terapi wicara, terapi komunikasi, terapi okupasi, terapi sensori integrasi, pendidikan khusus, penanganan medikasi dan biomedis, diet khusus. Penanganan lain seperti integrasi auditori, oxygen hiperbarik, pemberian suplemen tertentu, sampai terapi dengan lumba-lumba juga sudah tersedia di beberapa kota besar.

Dengan melakukan diagnosa sedini mungkin dan penanganan yang tepat maka anak dengan autisme akan dapat hidup lebih baik dan mandiri di masa datangnya.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
Arsip
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Pengertian Autisme Dan Cara Penanganannya yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat