Cara Mengatasi Ketombe Dan Rambut Rontok - BBT: Apakah masalah ketombe dan rambut rontok mengganggu penampilanmu? Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok berikut mungkin bisa menjadi salah satu pilihan cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok yang sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Ketombe Dan Rambut Rontok

Gimana ya cara mengatasi ketombe dan rambut rontok? Rambut rontok seringkali membuat kita kesal karena dapat merusak penampilan apalagi jika ditambah dengan gangguan ketombe. Dua masalah rambut tersebut pasti bisa membuat kita jadi tidak percaya diri.

Artikel kali ini tentu akan membahas 2 masalah rambut yang sangat mengganggu tersebut. Tapi sebelumnya lihat dulu daftar isi artikel cara mengatasi ketombe dan rambut rontok ini.
Penyebab ketombe dan rambut rontok
Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok
Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Penyebab ketombe dan rambut rontok

Penyebab rambut rontok selain karena faktor genetik/keturunan juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti kurang terjaganya kebersihan rambut dan kulit kepala, dan salah satu penyebab lainnya yang dapat membuat rambut rontok adalah ketombe. Sementara itu hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya ketombe di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Jamur Malassezia Globosa yang tumbuh di kulit kepala
  • Penggunaan produk styling rambut yang berlebihan
  • Kulit kepala yang lembab dan kotor

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok

Setelah memahami penyebab dari ketombe dan rambut rontok, kita dapat memberi penanganan yang tepat untuk mengatasi kedua masalah rambut tersebut. Untuk mengatasi kerontokan rambut akan lebih efektif jika kita menghilangkan masalah ketombe terlebih dahulu terutama jika kerontokan tersebut diakibatkan oleh ketombe. Cara mengatasi ketombe diantaranya:
  1. Lakukan keramas setiap hari.
  2. Cuci rambut dengan air bersih, kemudian gunakan shampo anti ketombe yang cocok dengan kulit kepala kita, bilaslah shampo sampai benar-benar bersih.
  3. Gunakan kondisioner setelah shampo dan cuci kembali rambut sampai bersih.
  4. Untuk hasil yang lebih efektif, tambahkan minyak pepermint pada shampo dan kondisioner yang kita pakai.
Selain itu, beberapa bahan alami yang juga dapat membantu menghilangkan ketombe di antaranya:
  • Air jeruk nipis atau lemon. Ambil air dari 1/2 buah jeruk atau lemon, kemudian usapkan ke seluruh bagian kulit kepala, diamkan sekitar 30 menit, cuci bersih dengan keramas.
  • Minyak kelapa atau minyak almond. Aplikasikan minyak kelapa atau almond pada kulit kepala sambil dipijat-pijat, tutup kepala dengan handuk hangat, diamkan sekitar 30 menit, lalu cuci bersih.
  • Daun pandan. Hancurkan beberapa lembar daun pandan dengan cara ditumbuk atau digerus sampai halus, beri 1 gelas air dan remas-remas daun pandan, kemudian saring air perasannya. Oleskan air perasan daun pandan ke ke kepala sampai menyentuh kulit kepala sambil dipijat-pijat, diamkan sekitar 20-30 menit kemudian bilas sampai bersih.
  • Lidah buaya. Ambil gel lidah buaya, oleskan pada kulit kepala kemudian diamkan sekitar 15 menit lalu bersihkan dengan air.
Sedang beberapa cara mengatasi rambut rontok selain dengan menghilangkan ketombe yang ada di kepala cara yang sama juga kita lakukan yaitu dengan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan membersihkannya setiap hari dan menggunakan shampo yang sesuai, jaga asupan makanan, hindari stress, dan dapat juga menggunakan bahan-bahan alami. Baca cara mengobati rambut rontok secara alami.

Catatan: Pastikan rambut dan kulit kepala benar-benar bersih setelah keramas. Jangan sampai ada shampo, kondisioner atau bahan-bahan lainnya yang kita gunakan masih ada tersisa di rambut dan kulit kepala. Kurangi makan gorengan atau yang banyak mengandung lemak. Dan lakukanlah keramas atau penggunaan bahan alami lainnya secara teratur dan konsisten agar cara mengatasi ketombe dan rambut rontok ini mendapatkan hasil yang optimal, karena segala sesuatu itu perlu proses dan tidak instan.

Demikian tadi cara mengatasi rambut rontok dan berketombe yang bisa kamu coba, tapi perlu diingat, efek yang dihasilkan mungkin saja berbeda pada tiap orang. Ada yang menunjukkan hasil yang cepat tapi ada juga yang hasilnya sedikit lama, diperlukan kesabaran juga ya. Semoga artikel cara mengatasi ketombe dan rambut rontok ini memberi manfaat.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Cara Mengatasi Ketombe Dan Rambut Rontok yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat