Cara Mengobati Sakit Gigi + Obat Sakit Gigi - BBT: Beberapa cara mengobati sakit gigi berikut ini bisa juga sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang, selain dengan menggunakan cara tekhnik pijatan, obat medikal, pengobatan ke dokter gigi, juga ada cara tradisional mengobati sakit gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi + Obat Sakit Gigi

Mau tau cara mengobati sakit gigi yang ampuh dan cepat? Sakit gigi memang sangat tidak menyenangkan ya dan sangat menyakitkan. Coba aja kalau lagi sakit gigi pasti bilangnya lebih baik sakit hati daripada sakit gigi :-) Itu karena rasa sakit gigi yang sangat tidak mengenakkan tersebut.

Sakit gigi bisa disebabkan beberapa hal, seperti peradangan, gigi berlubang, benturan yang keras (misalnya penyikatan gigi yang terlalu keras), atau karena bakteri.
Cara Mengobati Sakit Gigi
Ada beberapa cara ampuh yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit gigi, dari pemijatan, cara tradisional mengobati sakit gigi, cara mengobati sakit gigi berlubang, obat medikal dari dokter untuk pengobatan sakit gigi ringan sampai untuk mengobati sakit gigi yang cukup parah.

Cara mengobati sakit gigi

Mengobati Sakit Gigi dengan Pemijatan

Pemijatan di akar geraham dan jempol kaki
Gigi geraham adalah gigi yang paling sering mengalami sakit terutama disebabkan karena gigi gerahamnya berlubang. Baik untuk gigi geraham atas maupun gigi geraham bawah, cara pemijatan ini dapat diterapkan. Caranya: jika yang sakit gigi geraham bawah, tekan-tekan dengan keras daerah akar gigi yang sakit (sekitar rahang) selama beberapa saat, kemudian pijat-pijat daerah sendi pertama jempol kaki. Dan jika yang sakit adalah gigi geraham atas maka yang dipijat daerah antara sendi jempol dan kuku.
Perlu diingat, jika gigi yang sakit sebelah kanan maka jempol kaki yang dipijat adalah jempol kaki kiri dan jika gigi yang sakit di sebelah kiri maka jempol kaki yang dipijat adalah jempol kaki sebelah kanan.
Cara Tradisional Mengobati Sakit Gigi
Pemijatan menggunakan es batu
Ambil sepotong kecil es batu kemudian pegang dengan ibu jari dan telunjuk, tekan-tekan es batu seperti melakukan pijatan dengan ibu jari dan telunjuk tersebut. Pijat perlahan sampai rasa sakit gigi mulai menghilang secara perlahan.

Resep Obat Sakit Gigi Tradisional

Beberapa bahan alami ini sangat bermanfaat sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang atau juga sakit gigi ringan dikarenakan peradangan, yaitu:

Bawang putih
Bawang putih memiliki zat antibiotik yang sangat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Caranya: ambil sedikit bawang putih kemudian haluskan, tambahkan sedikit garam, lalu masukkan pada gigi yang berlubang.

Bawang merah
Selain memiliki zat antiseptik bawang merah juga memiliki zat antimikroba yang dapat membunuh kuman. Caranya: ambil satu siung bawang merah kemudian kunyah perlahan menggunakan gigi yang sakit sampai rasa sakit perlahan-lahan menghilang.

Minyak cengkeh
Cengkeh memiliki zat anti inflamasi, anti bakteri dan antioksidan yang dapat meredakan nyeri sakit gigi. Caranya: tuangkan minyak cengkeh pada kapas kemudian masukkan pada gigi yang berlubang atau cukup oleskan pada gigi dan gusi yang sakit jika tidak berlubang.

Belimbing wuluh
Potong belimbing wuluh dan beri sedikit garam kemudian kunyah perlahan menggunakan gigi yang sakit sampai sakit gigi perlahan menghilang.

Garam
Garam memiliki kandungan yodium yang dapat membantu meringankan nyeri pada gigi, cara ini dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi ringan seperti peradangan gigi atau gusi. Caranya: larutkan seperempat sendok makan garam kedalam setengah gelas air, kemudian kumurkan selama 30-60 detik.

Air Es
Suhu dingin air dapat juga digunakan untuk meredakan sakit gigi. Caranya: celupkan kain handuk kedalam air es, kemudian tempelkan pada pipi (daerah gigi yang sakit).

Mengobati Sakit Gigi dengan Obat Medikal

Ada beberapa jenis kandungan obat yang digunakan untuk mengobati rasa sakit pada gigi. Untuk sakit gigi ringan cukup mengonsumsi obat yang mengandung aspirin dan ibuprofen. Sedangkan sakit gigi yang cukup berat bisa mengonsumsi obat yang mengandung metampiron.

Mengobati Sakit Gigi dengan Tambal Gigi

Menambal gigi juga bisa dilakukan sebagai cara mengobati sakit gigi, periksa dan konsultasikan masalah gigi berlubang kamu ke dokter gigi agar penambalan gigi berlubang tersebut ditangani dengan tepat.

Mengobati Sakit Gigi dengan Cabut Gigi

Untuk gigi yang sudah mengalami kerusakan parah dan tidak bisa diperbaiki dengan penambalan, cara terbaik yang bisa dipilih untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan cara mencabut gigi tersebut, tapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi mengenai masalah pencabutan gigi tersebut agar tidak ada infeksi atau efek yang tidak baik.

Penting sekali untuk merawat kesehatan gigi agar sakit gigi tidak menimpa kita. Itu tadi beberapa cara mengobati sakit gigi, dari cara sederhana seperti pemijatan, cara tradisional mengobati sakit gigi, cara mengobati sakit gigi berlubang, sampai mencabut gigi, merupakan langkah-langkah yang bisa dijadikan sebagai pilihan cara mengatasi sakit gigi. Tentu lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi rawatlah gigi kita dari sekarang.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Cara Mengobati Sakit Gigi + Obat Sakit Gigi yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat