Anakmu Adalah Cerminmu - BBT: Panduan blogger untuk pemula - tutorial jilbab / hijab, download aplikasi, software, kecantikan, kesehatan, silabus, rpp, KTSP, CPNS, mp3, video

Anakmu Adalah Cerminmu

anak cerminan orang tua

Cara mendidik anak usia dini

"Like father like son" atau "buah jatuh tak jauh dari pohonnya" merupakan pepatah yang seringkali kita dengar mengenai bagaimana seorang anak dapat memiliki sifat dan tingkah laku yang mirip seperti orang tuanya.

Suatu ketika saya pernah berinteraksi dengan seorang anak kecil, mungkin usianya sekitar 8 atau 9 tahun. Saya sedikit penasaran melihat sifat anak tersebut yang suka memerintah, mudah marah, mudah tersinggung dan mudah mengeluarkan caci maki terhadap orang lain. Saat dia marah dengan ekspresi wajah yang sangat tidak mengenakkan dia mudah sekali mengeluarkan kata-kata yang kasar dan umpatan. Sampai suatu saat, saya tanya dia "Di rumah kamu sering dimarahai orang tua kamu, ya?" dengan ekspresi muka yang datar langsung dia jawab"Iya!!"

Ternyata dampak perilaku orang tua dalam kehidupan sehari-hari akan dapat membentuk sikap anak. Orang tua yang suka membentak, memukul, memerintah dengan paksaan, atau memberikan hukuman akan membentuk karakter yang sama pada anak. Jika dia terbiasa diperlakukan seperti itu dia juga akan terbiasa melakukannya terhadap orang lain.

Selama masa perkembangan anak, dari baru lahir bahkan sejak dari dalam kandungan orang tua wajib mendidik anak dengan baik. Mendidik tidak selalu harus dalam bentuk pengajaran, kita juga harus mendidik anak dengan bentuk pencontohan. Kenapa demikian, karena anak adalah seorang peniru ulung.

Menurut psikologi pendidikan dalam masa perkembangan kepribadiannya anak membutuhkan tokoh identifikasi sebagai acuannya dalam membentuk perilaku, dalam hal ini orang tua lah yang akan menjadi tokoh identifikasinya. Anak akan cenderung melakukan apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya sebagai suatu kebiasaannya juga. Jika orang tua biasa melakukan hal baik, misalnya seperti bersikap ramah atau berbicara sopan maka anak akan melakukan hal yang sama dan jika orang tua terbiasa melakukan perbuatan yang buruk, misalnya berkata kasar atau memukul maka anak akan terbiasa melakukannya dengan anggapan tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Mendidik anak dalam Islam

Setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi anak yang baik tapi tanpa disadari perilaku orang tua malah menjadikan anaknya menjadi buruk. Sehigga yang perlu kita camkan adalah jika kita ingin menjadikan anak kita baik maka jadikanlah diri kita baik.

Dahulu Rasulullah pernah didatangi oleh seorang laki-laki yang memiliki lima orang anak, orang tersebut meminta nasihat kepada Rasulullah tentang kelima anaknya yang nakal dan sangat susah diatur. Dengan bijak Rasulullah hanya memberi nasihat singkat "Wahai orang tua yang baik, mulai saat ini ubahlah perilakumu satu persatu menjadi lebih baik dan pulanglah, InsyaAllah anakmu juga akan menjadi lebih baik."

Setiap orang tua akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat kelak tentang bagaimana dia mendidik dan mengarahkan anaknya. Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengatakan, sesungguhnya ahli ilmu mengatakan bahwa pada hari kiamat nanti, Allah swt akan meminta pertanggungjawaban setiap orangtua tentang apa yang telah mereka lakukan terhadap anaknya. Orang tua harus menanamkan nilai dan norma yang baik pada anak serta mewariskan perilaku positif yang sesuai kaidah-kaidah agama.

Tepatlah istilah anak adalah cerminan orang tua, jika orang tua buruk maka anak akan menampilkan pantulan buruk tersebut tapi jika orang tua baik maka pantulan baiklah yang akan ditampilkan anak. Tapi pada dasarnya Tuhan juga yang menentukan, anak adalah titipan, jadi kita wajib menjaga titipan tersebut dengan sebaik-baiknya dengan berusaha mendidiknya dengan baik dan selalu berdo'a agar anak kita menjadi anak yang baik pula.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Anakmu Adalah Cerminmu yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat