Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata - BBT: Cara menjaga kesehatan mata dengan cara yang alami di antaranya adalah: menjaga jarak pandang, mengistirahatkan mata, jangan mengucek mata, makan makanan yang memiliki vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata - Mata adalah jendela kita untuk melihat segala isi dunia. Penglihatan yang jelas dan nyata merupakan karunia yang tak ternilai harganya, apalah jadinya jika suatu ketika penglihatan kita menjadi kabur, rusak atau bahkan hilang. Maka dari itu kita perlu menjaga kesehatan mata kita dengan sangat baik agar mata kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merusak mata.
cara menjaga kesehatan mata
Rabun dekat, rabun jauh, rabun ayam dan katarak adalah beberapa jenis penyakit mata yang sering terjadi di sekitar kita. Penyebabnya bisa karena berbagai macam, contoh diantaranya ada riwayat keturunan penyakit mata, terlalu sering membaca buku sambil tiduran, menatap layar komputer atau TV dengan jarak yang sangat dekat, atau disebabkan oleh kekurangan vitamin. Berikut ini merupakan beberapa tips cara menjaga kesehatan mata.

Cara menjaga kesehatan mata

Menjaga jarak pandang.
Jarak pandang saat membaca buku minimal 30cm, sedangkan jarak pandang minimal saat menatap layar komputer atau menonton TV adalah sekitar 50-100cm.

Istirahatkan mata.
Saat mata terasa lelah karena terlalu lama membaca buku, menatap layar komputer, menonton TV, atau menatap layar gadget yang cenderung memiliki cahaya yang tajam terhadap mata, istirahatkanlah mata untuk beberapa waktu dengan memejamkan mata atau berhenti menatap ke depan layar untuk beberapa saat.

Gunakan pelindung mata dan hindari mengucek mata.
Kacamata dapat kita gunakan untuk menghindari masuknya debu debu atau benda asing lainnya yang dapat menyakiti mata, kita juga dapat menggunakan layar pelindung untuk sedikit mengurangi cahaya layar komputer. Jangan mengucek mata terutama saat mata kemasukan debu karena benda asing yang masuk ke dalam mata dapat menggesek lapisan mata saat kita menguceknya.

Makan makanan yang banyak mengandung vitamin.
Beberapa jenis vitamin yang sangat penting dan dibutuhkan untuk kesehatan mata yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin E, Vitamin B2 atau riboflavin dan vitamin B12. Vitamin-vitamin ini mempunyai peran pentingnya masing-masing dalam menjaga kesehatan mata kita. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan mata, di antaranya:
  • Sayuran dan buah berwarna jingga atau merah seperti wortel, tomat, bit merah, anggur.
  • Sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kale
  • Jagung
  • Alpukat
  • Salmon
  • Kuning telur
  • Bawang merah dan bawang putih
  • Biji bunga matahari
  • Coklat hitam
Jauhi asap rokok.
Asap rokok memiliki zat dan kandungan yang selain dapat merusak kesehatan tubuh juga dapat merusak kesehatan mata seperti katarak dan merusak saraf optik mata.

Cek kesehatan mata secara teratur.

Selain cara menjaga kesehatan mata di atas kita juga perlu mengetahui apakah ada riwayat keturunan penyakit mata dalam keluarga kita karena jika terdapat riwayat penyakit mata akan ada kemungkinan yang tinggi kita mendapatkan penyakit mata oleh karena itu periksakan mata jika mulai timbul gejala-gejala sakit pada mata dan selalu cek secara teratur dengan dokter mata agar kita tetap dapat menjaga kesehatan mata kita.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat