Cara Dasar Membuat PowerPoint - BBT: Cara membuat powerpoint dan cara menggunakan microsoft powerpoint dengan mengetahui dasar atau fitur dasar dari microsoft powerpoint maka akan mudah pula dalam membuat powerpoint seperti cara berikut

Cara Dasar Membuat PowerPoint

cara membuat powerpoint
Cara membuat powerpoint - Microsoft powerpoint dapat kita gunakan untuk menunjang presentasi kita dalam menyampaikan materi yang kita bawakan, baik dalam seminar atau mengajar.

Microsoft powerpoint sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang langka untuk didengar dan dilihat, akan tetapi mungkin sebagian orang masih belum mengetahui atau belum terlalu memahami cara menggunakan microsoft powerpoint ini.

Berikut ini saya akan membagi informasi hal-hal dasar cara membuat powerpoint. Untuk pengaturan teks, microsoft powerpoint ini sebenarnya memiliki pengaturan yang kurang lebih sama dengan microsoft word, hal lain yang perlu kita ketahui adalah fungsi dari fitur lainnya seperti design tampilannya, animasi, dan pengaturan slide. Biar lebih jelas, akan saya terangkan berikut ini.

Cara Membuat Powerpoint

Setelah kita buka microsoft powerpoint, tampilan slide yang akan kita lihat adalah seperti ini (disini saya menggunakan ms powerpoint 2007)
Pada kotak bagian atas kita bisa menuliskan judul atau pokok materi kita, sedangkan pada kotak bagian bawah bisa kita gunakan sebagai penjelasan materi atau sub pokok dari materi kita.

Seperti yang saya sebutkan tadi untuk pengaturan teks di ms powerpoint ini kurang lebih sama saja dengan di ms word. Untuk mengatur jenis huruf/font, ukuran huruf, bentuk paragraf, dan lain sebagainya bisa dipilih pada bagian home. Dan juga untuk mengatur besar kecilnya kotak atau menggeser letaknya bisa dengan menarik tanda panah pada garis kotak teks.
Selain itu kita juga dapat memilih dan mengganti bentuk layout tulisan pada pilihan "Layout", meresetnya kembali ke bentuk awal pada ikon "Reset" dan juga menghapus slide yang kita buat pada ikon "Delete".
Untuk membuat slide berikutnya, klik saja pada ikon "New Slide", kemudian pilih layoutnya yang sesuai dengan isi slide yang akan kita buat selanjutnya.

Pada bagian Insert, kita dapat memasukkan tabel, gambar, clip art, album foto, grafik, bentuk-bentuk, kotak teks,video, suara, atau simbol yang kita butuhkan dalam menerangkan materi. Atau sekedar mempercantik tampilan slide powerpoint kita agar lebih menarik. Seperti contoh yang saya buat berikut ini, saya memasukkan gambar animasi. caranya dengan mengklik ikon "Picture" kemudian pilih gambar atau animasi yang ingin kita masukkan pada powerpoint kita. Begitu juga untuk memasukkan video, suara, grafik atau karakter lainnya tinggal mengklik pada ikonnya saja.

Selanjutnya pada bagian Design, kita dapat memilih tampilan slide. Cukup dengan mengklik pada design yang kita inginkan maka slide kita akan berubah tampilannya, selain itu kita juga bisa memilih warnanya yang sesuai dengan keinginan kita, memilih tampilan huruf dan efek tampilan huruf juga mengedit latar design. Untuk mengeditnya silahkan klik pada ikonnya. Mengedit huruf silahkan klik pada ikon "Fonts", efek tampilan huruf pada ikon "Effects" atau mengedit latar pada pilihan "Background Style".
Saya contohkan dengan mengedit warna, klik pada ikon colors kemudian pilih warna yang kamu suka dengan mengklik warna pilihan kamu maka warna designnya akan berubah.

Di bagian Animations, tersedia pilihan animasi saat pergantian slide satu ke slide berikutnya. Pilih slide kemudian klik animasi yang akan kita gunakan, kita dapat memilih animasi yang berbeda untuk setiap slide. Jika ingin semua pengaturan dilakukan pada seluruh slide kita bisa mengklik ikon "Apply To All". Untuk perpindahan slide kita dapat mengaturnya dengan bersuara atau tidak pada ikon "Transition Sound", kecepatan perpindahan slide pada ikon "Transition Speed". Dan untuk mengganti slide kita bisa memilih dengan cara mengklik mouse silahkan centang pada "On Mouse Click" atau berpindah secara otomatis dengan waktu jeda yang kita tentukan silahkan centang "Automatically After:"
cara menggunakan powerpoint

Pada bagian Slide Show, kita dapat memilih apakah menampilkan slide dari awal atau dari slide tertentu yang kita inginkan.
cara menggunakan microsoft powerpoint

Untuk melihat tampilan slide kita yang sudah selesai, klik saja ikon Slide Show pada bagian View.
cara dasar membuat powerpoint

Cara menggunakan microsoft powerpoint ini sebenarnya tidak terlalu sulit, walaupun hanya sebagian saja yang kita ketahui fungsinya asalkan dasar dasar fungsi fiturnya dapat kita kuasai maka akan mudah saja membuat powerpoint untuk membantu kita dalam presentasi. Semoga artikel cara membuat powerpoint ini bisa bermanfaat.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Cara Dasar Membuat PowerPoint yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat