Cara Merawat Kucing Persia - BBT: cara merawat kucing persia yaitu dengan memperhatikan pemeliharaan kandangnya, makanannya, kebersihannya dan lain sebagainya. Merawat kucing persia harus memperhatikan beberapa hal penting

Cara Merawat Kucing Persia

Kucing persia memang merupakan kucing yang sangat cantik sehingga tidak salah kalau banyak pecinta kucing yang suka dengan kucing persia ini. Kucing persia memiliki bulu yang mirip dengan kucing anggora yaitu berbulu panjang dan tebal namun panjang dan tebalnya bulu kucing persia bisa tergantung dari jenisnya karena ada juga jenis kucing persia yang memiliki bulu yang tidak terlalu panjang atau lebat.
merawat kucing persia
Sebelum kita membahas bagaimana merawat kucing persia, ada baiknya kita kenali dulu ciri-ciri kucing persia agar kita tidak salah pilih dengan kucing yang lain, misalnya saja kucing anggora.

Kucing persia memiliki ciri badan yang agak gemuk dengan kaki yang tidak terlalu tinggi, mata bulat, telinga agak pendek dan bagian ujung sedikit bulat, bulunya panjang, dan ciri yang paling terlihat adalah hidungnya yang pesek. Namun untuk beberapa jenis kucing persia ada juga yang memiliki bulu yang tidak terlalu panjang, hidung yang tidak terlalu pesek dan wajahnya yang masih dapat terlihat wajah umum kucing kebanyakan, jenis kucing persia ini merupakan kucing persia campuran. Adapula jenis kucing persia yang memiliki tubuh sedikit pendek dan gembul serta mata yang bulat dan hidung yang sangat pesek.

Merawat kucing persia bukan harus ada perlakuan spesial yang berlebih dibanding merawat kucing peliharaan lainnya akan tetapi memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya. Selain itu jika sobat ingin memelihara kucing persia, beberapa perlengkapan yang harus sobat sediakan terlebih dahulu diantaranya: makanan khusus kucing, tempat makan dan minum kucing, tisu bayi, kapas, baby oil, shampoo, vitamin, bak pasir, pasir, dan serokannya.

Cara Merawat Kucing Persia

cara merawat kucing persia
  • Pilih makanan yang memiliki semua nutrisi yang penting bagi kesehatannya agar kucing selalu prima. Hati-hati dalam memberikan makanan kucing persia, karena jika makanan tersebut tidak cocok bisa membuat bulu kucing rontok, jadi pilihlah makanan kucing yang cocok. Selain makanan, berikan juga vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan bulu kucing persia.
  • Tempat tinggal kucing harus selalu terawat dan terjaga kebersihannya, suhu ruangan juga harus hangat agar kucing terhindar dari jamur, selain itu jaga pula kebersihan bak pasirnya. Bak pasir digunakan untuk si kucing buang air kecil atau buang air besar. Merawat dan menjaga kebersihat tempat tinggal dan area-area lainnya akan membantu menjaga kesehatan kucing.
  • Sisirlah bulu kucing secara rutin 2 kali sehari agar bulunya tidak kusut, gunakan sikat bulu kucing khusus yang terbuat dari logam. Kita harus menjaga kebersihan bulu kucing, setiap seminggu sekali gunakanlah shampoo untuk memandikannya dan sekalah bulu kucing setiap hari menggunakan tisu bayi. Selain dapat membantu membersihkan bulu kucing, tisu bayi memiliki formula yang tidak menyebabkan alergi dan juga memiliki aroma yang wangi.
  • Jaga pula kesehatan matanya. Terkadang kucing persia mendapatkan gangguan kesehatan mata yang menyebabkan matanya sering berair, sekalah mata kucing persia menggunakan tisu mata bersihkan juga bagian hidungnya agar tidak mampet.
  • Jaga kebersihan telinga kucing persia menggunakan kapas dan baby oil.
  • Berikan kasih sayang serta waktu kamu untuk mengajaknya bermain dan bawalah dia berjemur di pagi hari dengan mengajaknya bermain di luar ruangan yang terkena sinar matahari pagi.
  • Cek kesehatan kucing persia secara rutin ke dokter hewan.
  • Perhatikan kesehatan kucing persia, jika muncul gejala-gejala tertentu seperti lesu, susah buang kotoran, lebih agresif dibanding biasanya, ada bagian tubuhnya yang bengkak, berjalan pincang, minum air berlebihan, atau hal lain yang tampak tidak wajar sebagaimana biasanya, sebaiknya langsung periksakan kepada dokter hewan.

Memelihara binatang peliharaan bukan berarti cukup sekedar memberikannya rumah/kandang dan memberinya makan tapi kasih sayang serta tanggung jawab kita untuk bersedia merawatnya dengan sebaik-baiknyalah yang juga harus ada. Sebagaimana merawat binatang peliharaan lainnya, merawat kucing persia juga jangan sembarangan ya sobat.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Cara Merawat Kucing Persia yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat