1000 Manfaat Bawang Merah Yang Tidak Kita Ketahui - BBT: Bermacam-macam manfaat bawang merah yang tidak kita ketahui selama ini ternyata sangat banyak sekali. Bawang merah yang sering kita gunakan sebagai bumbu penyedap masakan juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh, pengobatan berbagai penyakit dan untuk kecantikan

1000 Manfaat Bawang Merah Yang Tidak Kita Ketahui

Bawang merah yang dalam bahasa latinnya disebut dengan allium ascalonicum atau orang jawa sering menyebutnya brambang merupakan tumbuhan sejenis umbi yang seringkali digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Ketika bawang merah telah diramu menjadi bumbu tentu rasa masakan akan berubah menjadi nikmat, selain itu juga bawang merah sering diiris-iris dan kemudian digoreng untuk dibuat taburan dalam masakan sehingga membuat aroma masakan menjadi lebih harum.

Apakah sobat tau apalagi manfaat bawang merah selain bumbu dapur? Kalau ada yang jawab untuk pengobatan, ya..betul sekali. Tapi itupun masih salah satunya, ternyata masih banyak lagi kegunaan dan manfaat dari bawang merah.

Namun pernahkan sobat makan bawang merah mentah? dalam beberapa kesempatan bawang merah terkadang dimakan dalam keadaan mentah, misalnya saja jika dibuat dalam sambal matah atau digabung antara potongan daging di tusukan sate, kalau dimakan secara langsung tanpa gabungan bahan lain mungkin tidak pernah ya? Sementara bawang merah jika dimakan secara mentah ternyata memiliki khasiat yang sangat luar biasa lho.
1000 Manfaat Bawang Merah Yang Tidak Kita Ketahui
Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kandungan yang ada pada bawang merah antara lain Vitamin C, Vitamin B1 dan B6, flavonglikosida, protein, fosfor, folat, kalsium, kalium, magnesium, kalori dan karbohidrat. Tinggi rendahnya kandungan tersebut tergantung berapa banyaknya bawang merah tersebut. Bawang merah yang dikenal sebagai bumbu dapur dapat juga digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, sebagai obat dan bahkan bermanfaat untuk kecantikan.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1000 macam manfaat bawang merah yang tidak ketahui ternyata sangat berguna sekali bagi kesehatan kita dan ternyata bawang merah juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan. Berikut berbagai manfaat bawang merah, diantaranya:
  1. Mencegah kanker. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam bawang merah dapat menghambat radikal bebas yang berpeluang memicu kanker dan juga kandungan organosulfur dalam bawang merah dapat menghambat penyakit kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dihindari diantaranya kanker prostat, kanker paru-paru, kanker perut dan esofagus.
  2. Melindungi jantung. Bawang merah mengandung sulfida methylallyl dan asam amino silfur dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  3. Mengatasi sakit dan nyeri perut
  4. Meminum jus bawang merah akan dapat mengurangi rasa sakit di perut ini disebabkan anti-radang yang dimiliki oleh bawang merah tersebut.
  5. Menyembuhkan sembelit. Serat yang dimiliki bawang merah dapat mengatasi masalah sembelit yang kita miliki.
  6. Penyeimbang urin. Meminum sekitar 7 gram air rebusan bawang merah dapat membantu mengatasi nyeri atau panas saat buang air kecil.
  7. Mengatasi nyeri sendi. Gerus bawang merah lalu campur dengan minyak kelapa kemudian gunakan sebagai minyak urut.
  8. Membunuh kuman di mulut. Kunyahlah bawang merah sekitar 2 menit, hal ini dapat membantu membunuh kuman-kuman yang bersarang di mulut.
  9. Mengobati luka bekas gigitan serangga seperti lebah atau kalajengking. Haluskan bawang merah hingga berbentuk pasta kemudian oleskan pada luka bekas gigitan serangga, bawang merah dapat mengatasi sakit gigitan serangga tadi sampai rasa sakit berangsur hilang.
  10. Mengontrol diabetes
  11. Mengobati anemia
  12. Mencegah penyakit TBC
  13. Mencegah penggumpalan darah
  14. Membantu meningkatkan gairah
  15. Mengobati sakit telinga
  16. Menghilangkan mata ikan di kaki

Bawang merah juga baik digunakan untuk mengobati batuk atau sakit perut pada anak-anak.
Mengobati batuk, caranya: parut beberapa buah bawang merah kemudian campur dengan minyak telon lalu balurkan ke sekujur punggung anak sambil sedikit dipijit.
Mengobati perut kembung, caranya: ambil bawang merah yang sudah bersih kemudian haluskan, campur dengan minyak telon lalu usapkan pada perut terutama bagian pusar anak.

Manfaat bawang merah lain adalah untuk kecantikan, di antaranya:
1. Mengatasi jerawat
Buatlah bawang merah menjadi jus lalu tambahkan madu dan minyak zaitun, minum satu kali setiap hari maka jerawat akan berangsur menghilang.
2. Mengatasi ketombe
Campur jus bawang merah dengan lemon, dadih, dan beberapa tetes madu, lalu oleskan pada rambut. Diamkan sekitar 30 menit lalu cuci rambut dengan menggunakan shampo seperti biasa.
3. Mengatasi rambut rontok
Pijat kepala menggunakan minyak kelapa kurang lebih selama 30 menit lalu balurkan jus bawang merah pada kulit kepala kemudian tutup kepala menggunakan handuk hangat untuk menguapkan rambut, kemudian cuci rambut menggunakan shampo seperti biasa.
4. Menebalkan rambut
Kandungan yang ada pada bawang merah dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Caranya dengan mencampur jus bawang merah dengan minyak kelapa kemudian oleskan pada kepala sambil dipijat-pijat, diamkan kurang lebih 40 menit lalu cuci rambut dengan shampo seperti biasa.

Masih banyak lagi manfaat bawang merah yang tidak kita ketahui yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan, pengobatan
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang 1000 Manfaat Bawang Merah Yang Tidak Kita Ketahui yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat