Perbedaan Tanda Gejala Darah Tinggi Dan Darah Rendah - BBT: Tanda-tanda gejala darah tinggi dan darah rendah kadang tidak terlalu kita sadari sehingga bisa menyebabkan penyakit yang berlanjut. Tekanan darah tinggi dan darah rendah memiliki gejala yang kurang lebih sama, tapi apa perbedaan tanda gejala darah tinggi dan darah rendah?

Perbedaan Tanda Gejala Darah Tinggi Dan Darah Rendah

Tahukah apa saja gejala darah tinggi dan darah rendah? Apakah sobat pernah mengalami salah satu dari gejala darah tinggi atau gejala darah rendah? Atau mungkin pernah mengalami keduanya? Tapi apakah sobat mengetahui gejala apa saja yang menandakan darah tinggi dan gejala apa saja yang menandakan darah rendah? Kalau masih belum pasti dengan tanda-tanda darah tinggi ataupun darah rendah, silahkan baca terus artikel perbedaan tanda gejala darah tinggi dan darah rendah ini ya.

Saya sendiri sebenarnya sering mengalami darah rendah, yang sering saya rasakan adalah kepala terasa sakit, badan agak lesu dan lelah, dan mata sering kabur saat berdiri dari duduk ataupun setelah berbaring. Dan saya juga pernah punya pengalaman saat kegiatan donor darah, saya berniat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut tapi saat dicek ternyata darah saya dalam keadaan rendah jadi gagal deh ikut donor darah, dan kejadian ini sampai dua kali terjadi padahal waktunya berbeda jauh tetap saja saat dicek tekanan darah saya juga rendah. Tapi terkadang pernah juga kepala saya terasa sakit yang sedikit berbeda dari biasanya karena sakitnya terasa berat di belakang kepala katanya sih kalau terasa berat di belakang kepala sekitar leher itu tanda tekanan darah tinggi. Jadi apa itu ya perbedaan gejala darah tinggi dan darah rendah? Biar lebih jelas mari kita bahas lebih lanjut.

Perbedaan Tanda Gejala Darah tinggi dan Darah Rendah

Tanda gejala darah tinggi
Tekanan darah tinggi atau disebut juga dengan hipertensi adalah keadaan dimana cairan darah akan menekan dinding arteri dengan sangat kuat. Hipertensi memiliki dua klasifikasi yaitu hipertensi primary dan hipertensi secondary.

Hipertensi primary yaitu kondisi tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh gaya hidup seseorang dan faktor lingkungan. Orang yang memiliki pola makan tidak terkontrol baik atau seseorang yang sering mengalami stress berlebih dapat mengalami tekanan darah tinggi. Orang yang obesitas atau kegemukan berlebih juga rentan mengalami hipertensi primary ini. Sedangkan hipertensi secondary yaitu suatu kondisi tekanan darah tinggi yang naik diakibatkan oleh suatu penyakit seperti gagal jantung, gagal ginjal atau kerusakan sistem hormon tubuh seseorang.

Adapun tanda-tanda gejala tekanan darah tinggi yaitu:
  • Sakit kepala yang berkepanjangan
  • Pandangan kabur
  • Sering mengalami mimisan
  • Merasa mual dan muntah

Tanda gejala darah rendah
Darah rendah atau disebut juga hipotensi yaitu suatu keadaan dimana melemahnya tekanan pemompaan darah yang dilakukan oleh jantung dibanding tekanan pemompaan darah sewaktu keadaan normal biasanya. Tanda-tanda gejala darah rendah kurang lebih hampir sama dengan gejala darah tinggi.

Berikut tanda-tanda gejala darah rendah:
  • Sering pusing dan pandangan berkunang-kunang atau kabur
  • Mual dan muntah
  • Konsentrasi berkurang
  • Wajah pucat
  • Sering sesak nafas atau mengalami nafas yang pendek dan cepat
  • Badan lemas dan sering demam
  • Cepat merasa lelah
  • Kurang bersemangat dalam beraktifitas
  • Mengalami mimisan
  • Sering merasa haus
  • Bisa mengalami pingsan
Itu tadi perbedaan tanda gejala darah tinggi dan darah rendah, sebaiknya kita teratur memeriksakan keadaan tekanan darah kita dan jika merasakan gejala-gejala yang mungkin mengarah pada tanda tekanan darah tinggi ataupun darah rendah sebaiknya diberikan penanganan yang tepat oleh dokter.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Perbedaan Tanda Gejala Darah Tinggi Dan Darah Rendah yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat