Cara Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar - BBT: Susah buang air besar ataupun sembelit dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman di perut, berikut ini merupakan cara ampuh mengatasi susah buang air besar

Cara Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar

Cara Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar
Susah buang air besar atau sering disebut juga dengan sembelit merupakan masalah yang sering terkadang kita alami. Lalu bagaimana cara sobat mengatasi susah BAB tersebut? Mungkin sebagian orang akan minum obat pencahar untuk mengatasi sembelit atau susah BAB ini. Tapi tahukah sobat, sebelum kita mengalami susah BAB sebenarnya kita bisa mencegahnya terlebih dahulu, itu merupakan cara mengatasi susah buang air besar yang lebih baik. Dan berikut ini merupakan cara ampuh mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Namun, sebelum kita mengetahui apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi susah BAB ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dapat memicu sembelit dan akibat yang ditimbulkan dari susah BAB tersebut.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi susah buang air besar adalah pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi, terkadang kita tidak tidak terlalu memperdulikan asupan makanan yang kita konsumsi, jadi, asal enak dan asal kenyang saja. Padahal seharusnya kita harus mengkonsumsi makanan secara seimbang.

Susah buang air besar ini dapat mengakibatkan rasa yang tidak nyaman di perut, perut terasa sakit dan kembung, untuk melakukan aktivitaspun jadi merasa terganggu. Ini disebabkan karena ampas sisa makanan yang dicerna tadi tidak dikeluarkan, apalagi kalau sampai berhari-hari. Hal ini dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Cara Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar

Tips berikut ini dapat sobat terapkan sebagai cara ampuh mengatasi masalah susah buang air besar
  • Banyak minum air putih
Sebagaimana kita ketahui, untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh kita harus mengkonsumsi setidaknya 2 liter air sehari agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena apabila kita kekurangan cairan banyak akibat yang akan kita alami seperti tubuh terasa lemas, kulit menjadi kering dan terkait dengan sembelit kekurangan cairan dapat menyebabkan feces mengering dan keras karena tubuh menyerap air yang ada di usus besar.
  • Makan makanan yang berserat
Buah dan sayur merupakan makanan yang banyak mengandung serat, contohnya buah pepaya atau sayur bayam. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat setidaknya 25 hingga 50 gr setiap hari karena akan membantu proses pencernaan menjadi lebih baik.
  • Lakukan olahraga
Olahraga akan membuat tubuh kita menjadi banyak bergerak. Banyak bergerak dapat membuat perut dan usus bergoyang-goyang sehingga ini dapat membantu kita untuk melancarkan buang air besar.
  • Gunakan toilet duduk
Posisi tubuh kita saat BAB sebenarnya dapat mempengaruhi kelancaran BAB tersebut. Posisi tubuh saat kita menggunakan toilet jongkok sangat baik untuk membantu keluarnya feces, namun jika ingin menggunakan toilet duduk maka sobat harus membetulkan cara duduknya yaitu dengan mengarahkan tubuh ke depan, letakkan lengan di paha secara rileks dan angkat sedikit tumit kaki kita atau bisa juga dengan mengarahkan badan ke depan sambil memegang pergelangan kaki.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, jadi lebih baik kita mencegah buang air besar terlebih dahulu daripada kita mencari-cari cara mengobati setelah susah buang air besar itu terjadi. Semoga cara ampuh mengatasi susah buang air besar ini bisa membantu sobat sekalian.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Cara Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat