Apakah Dyslexia Adalah Penyakit Berbahaya Untuk Anak? - BBT: Apakah dyslexia berbahaya untuk anak? Untuk mengetahuinya tentu kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dyslexia. Dyslexia adalah gangguan bahasa yang

Apakah Dyslexia Adalah Penyakit Berbahaya Untuk Anak?

dyslexia adalah
Pernah dengar dyslexia? Apakah dyslexia adalah penyakit yang berbahaya untuk anak? Disleksia atau dyslexia adalah gangguan dalam pembelajaran berbahasa. Seseorang yang memiliki gangguan dyslexia akan kesulitan dalam keahlian berbahasa tertentu, terutama dalam hal membaca. Kesulitan terbesarnya adalah anak biasanya akan merasakan kesusahan yang sangat besar dalam hal membaca dengan lancar maupun menulis.

Dampak dari dyslexia berbeda-beda pada masing-masing anak, ini tergantung dari kondisi dari pengaruh dyslexia yang dialaminya, namun kesulitan terbesar dyslexia adalah dalam hal membaca yaitu memahami bunyi suara, misalnya saja dalam tulisan top mereka bisa saja terbalik membacanya menjadi pot.

Apakah dyslexia adalah penyakit berbahaya untuk anak?

Jika dilihat secara fisik anak dyslexia ini memang tidak tampak mempunyai masalah kesehatan apapun, namun secara bahasa mereka tentu akan mengalami dampak yang besar terutama bagi perkembangan bahasanya kedepan. Dalam pergaulannya, anak akan jauh tertinggal dibandingkan anak seumurannya. Selain mengganggu keakhlian membaca dan menulis, dyslexia ini juga akan bisa berdampak pada masalah bicaranya, karena dia akan mengalami kesulitan dalam memproduksi bunyi atau suara yang sesuai sehingga akan menyebabkan ketidaklancaran dalam menyampaikan sesuatu dengan jelas atau mungkin juga dia akan kesulitan memahami apa yang disampaikan oleh orang lain. Ada 3 aspek kognitif yang akan dipengaruhi dyslexia yaitu pendengaran, penglihatan dan perhatian.

Terdapat dua tipe dyslexia, yaitu:
  1. Developmental dyslexsia merupakan dyslexia yang disebabkan oleh keturunan artinya dyslexia ini telah muncul sejak kelahiran anak.
  2. Aquired dyslexsia adalah dyslexia yang muncul dikarenakan adanya pengaruh gangguan yang terjadi pada otak.
Pada dasarnya dyselxia dapat dideteksi sejak dini, adapun ciri-cirinya yaitu:
  • Terlambat bicara
  • Artikulasi tidak jelas dan sering terbolak-balik
  • Sulit mengucapkan kata-kata yang cukup panjang
  • Sulit mempelajarai bentuk dan bunyi huruf
  • Bingung terhadap konsep ruang dan waktu
  • Sulit mencerna perintah verbal yang panjang, cepat dan berurutan
  • Kesulitan dalam memegang alat tulis
  • Sulit menulis kata atau merangkai kata
Untuk anak yang menderita developmental dyslexia atau disleksia yang telah ada sejak lahir maka dia akan membawa dyslexia ini sepanjang hidupnya, hanya saja jika sejak dini dyslexia ini telah terdeteksi dan selanjutnya dilakukan penanganan seperti terapi atau latihan yang tepat untuk membantu permasalahan membacanya maka kemampuan membaca anak dyslexia dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
Arsip
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Apakah Dyslexia Adalah Penyakit Berbahaya Untuk Anak? yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat