Makanan Ibu Hamil Muda Sampai Trimester Akhir - BBT: Ini adalah daftar makanan ibu hamil yang harus dikonsumsi baik dari trimester pertama, trimester kedua dan juga trimester ketiga

Makanan Ibu Hamil Muda Sampai Trimester Akhir

Makanan Ibu Hamil Muda Sampai Trimester Akhir
Apa saja sih makanan ibu hamil muda atau trimester pertama? Kalau trimester kedua dan ketiga? Saat masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan dua kali lipat energi dibandingkan saat tidak hamil. Jadi, apa itu artinya ibu hamil harus makan dua kali lipat lebih banyak dari biasanya saat tidak hamil? Seperti yang sering orang kebanyakan katakan, "kan yang makan dua orang, ibu sama janin yang di perut, jadi harus lebih banyak makannya..." Apa hal tersebut memang benar? Ternyata hal itu salah sobat, yang dua kali lipat itu bukannya makanan ibu hamil tapi jumlah nutrisi, energi, dan gizi lainnya yang harusnya dua kali lipat dikonsumsi oleh ibu hamil agar tidak hanya ibu hamil yang mendapat nutrisi yang cukup tapi perkembangan janinnya pun juga menjadi sehat, selain itu jika yang digandakan itu adalah jumlah nutrisinya dan bukan jumlah makanannya maka akan mencegah ibu hamil mendapatkan gemuk yang berlebihan atau obesitas. Jadi, makanan apa saja ya yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Makanan ibu hamil yang harus dikonsumsi pada trimester pertama, kedua dan ketiga seharusnya mengandung energi, protein, vitamin, kalsium, zinc, lemak tak jenuh, karbohidrat, dan gizi lainnya. Berikut ini adalah beberapa makanan ibu hamil yang harus dikonsumsi.

Makanan ibu hamil muda sampai trimester akhir

  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki lemak yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh, ini baik sebagai pengganti lemak jenuh yang biasanya ada di lemak daging misalnya. Lemak jenuh bisa menyebabkan kegemukan sedang lemak tak jenuh tidak akan menyebabkan kegemukan berlebihan. Kacang-kacangan yang baik dikonsumsi seperti kacang polong dan kacang merah. Kacang kedelai atau olahan kacang kedelai juga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung protein tinggi.
  • Telur dan Keju
Makanan ibu hamil yang bagus untuk dikonsumsi adalah yang mengandung banyak protein seperti telur. Telur ayam kampung memiliki protein yang baik dikonsumsi ibu hamil. Selain kalsium, keju juga memiliki protein yang bagus untuk ibu hamil. Pilihlah keju yang tepat seperti keju cheddar dan mozarella.
  • Susu dan yoghurt
Kalsium juga sangat penting untuk ibu hamil dan janinnya. Kalsium bisa diperoleh dari susu dan yoghurt, tapi pilihlah susu yang mengandung lemak tak jenuh.
  • Daging
Daging memiliki kandungan zinc yang sangat banyak. Namun jika ingin makan daging, sebaiknya buang dulu lemaknya.
  • Sereal, oatmeal, walnut dan salmon
Sereal mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi ibu hamil, diantaranya adalah asam folat dan vitamin B, sedangkan oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, dan walnut ataupun salmon mengandung omega-3, semua jenis makanan ini sangat bagus sebagai salah satu makanan ibu hamil. Karena banyak pilihan jadi kalaupun bosan untuk satu jenis makanan misalnya saja sereal, ibu hamil bisa menggantinya dengan oatmeal. Atau kalau susah nyari salmon bisa diganti dengan walnut.
  • Ubi jalar dan ubi ungu
Ubi-ubian ini mengandung karetonoid yang apabila diproses dalam tubuh nantinya akan berubah menjadi mineral vitamin A.
  • Roti gandum
Kandungan serat, zat besi serta zat karbohidrat dalam roti gandum akan membuat rasa kenyang yang lebih lama. Ini bagus untuk ibu hamil agar tidak makan yang berlebihan.
  • Sayuran hijau
Ibu hamil sangat baik untuk banyak makan sayur, terutama sayuran hijau. Misalnya saja bayam, ini bagus karena memiliki kandungan serat. Dan juga sayuran hijau lainnya.
  • Buah-buahan 
Ibu hamil juga tentu harus mengonsumsi buah-buahan yang memiliki berbagai kandungan yang bagus untuk ibu hamil.

Selain makanan ibu hamil yang sudah disebutkan tadi, sebaiknya juga minum susu hamil agar nutrisinya terpenuhi, apalagi untuk makan makanan ibu hamil di atas kadang terkendala dengan kondisi ngidam yang sering dialami oleh sebagian ibu hamil, karena mungkin saja saat mengalami ngidam ibu hamil ingin makan-makanan yang lain yang bisa saja tidak mengandung nutrisi yang diharapkan.

Nah, itu tadi sobat diantara makanan ibu hamil yang harus dikonsumsi baik dari trimester pertama sampai trimester akhir. Semoga bermanfaat ya.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
Arsip
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Makanan Ibu Hamil Muda Sampai Trimester Akhir yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat