Teknik Mudah Cara Mengetik 10 Jari - BBT: Sobat akan dapat dengan cepat mengetik pada komputer atau laptop setelah mengikuti teknik mudah cara mengetik 10 jari berikut ini

Teknik Mudah Cara Mengetik 10 Jari

Teknik Mudah Cara Mengetik 10 Jari
Pada zaman sekarang ini aktifitas mengetik menggunakan komputer ataupun laptop sudah menjadi hal yang sangat biasa, baik untuk membuat tugas sekolah atau kuliah, bekerja, atau bahkan hanya untuk sekedar hiburan seperti facebook atau twitter. Meskipun kegiatan mengetik itu bisa saja dilakukan dengan hanya menggunakan beberapa jari atau mungkin hanya dua jari saja, namun alangkah lebih baik lagi jika kita bisa menggunakan 10 jari kita untuk mengetik sehingga apa yang kita kerjakan menggunakan ketikan itu akan jauh lebih mudah dan cepat selesai. Contohnya saja jika kita sedang chatting, apabila kita bisa dengan mudah mengetik menggunakan 10 jari maka chattingan kita itupun akan selancar kita bicara karena dengan mengetik 10 jari hasil ketikan akan jauh lebih cepat. Lalu bagaimana cara mengetik 10 jari? apakah mudah untuk dipelajari? Nah, tentunya ada teknik-teknik cara mengetik 10 jari ini agar kita bisa dengan mudah menguasainya.

Teknik mudah cara mengetik 10 jari

1. Perhatikan posisi badan dan tangan saat mengetik

Posisi tangan dan letak keyboard harus pas dan nyaman, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah agar tangan tidak merasa kelelahan jika posisi tidak pas. Selain itu perhatikan pula posisi badan kamu, badan harus tegak dan jangan membungkuk karena jika kita membungkuk maka akan mempengaruhi posisi tangan saat mengetik nanti.

2. Gunakan tombol F dan J sebagai patokan

Ketika kita ingin mengetik selalu letakkan telunjuk tangan kiri pada tombol F dan telunjuk jari kanan pada tombol J. Coba perhatikan pada tombol F dan J ada garis kecil menonjol, ini dijadikan sebagai patokan supaya kita mudah mengingat letak jari kita dan letak huruf, angka dan simbol lainnya.

3. Hafalkan huruf-huruf tombol untuk masing-masing jari
cara mengetik 10 jari
Peletakkan jari-jari kanan:
  • Jari telunjuk pada M, J, U, 7, N, H, Y, 6
  • Jari tengah pada 8, I, K, (,), (<)
  • Jari manis pada 9, O, L, (.), (>), alt
  • Jari kelingking pada semua tombol yang ada di sebelah kanan selain tombol-tombol yang sudah disebutkan di atas.
Peletakkan jari-jari kiri:
  • Jari telunjuk pada V, F, R, 4, B, G, T, 5
  • Jari tengah pada 3, E, D, C
  • Jari manis pada 2, W, S, X, alt
  • Jari kelingking pada semua sisa tombol di sebelah kiri dari yang telah disebutkan di atas tadi.
Sedangkan fungsi ibu jari, baik ibu jari kanan maupun ibu jari kiri tugasnya adalah memencet tombol spasi. Jika jari kanan terakhir menekan tombol maka ibu jari kiri yang menekan spasi dan jika yang terakhir menekan tombol adalah jari kiri maka ibu jari kanan yang menekan tombol spasinya, jadi harus dibuat bersilang ya.

4. Latihan terus menerus sampai lancar

Teknik mudah cara mengetik 10 jari ini harus dilatih terus menerus sampai benar-benar menguasai. Selain latihan mandiri dengan menggunakan komputer atau laptop, sobat juga bisa melakukan latihan dengan menggunakan aplikasi untuk melatih teknik mengetik 10 jari ini, baik secara online maupun offline. Untuk aplikasi offline sobat bisa mendowloadnya dan diinstal di PC sobat, aplikasi ini ada yang disediakan gratis ada juga yang berbayar silahkan sobat pilih sendiri saja. Sedangkan beberapa situs online yang menyediakan aplikasi untuk latihan mengetik 10 jari, diantaranya:
  • typing.com
  • typingtutor-online.com
  • www.tipp10.com/en/online
Cara mengetik 10 jari ini akan dengan cepat sobat kuasai jika sering melakukan latihan dan kontinyu. Nah, semoga artikel teknik mudah cara mengetik 10 jari ini bermanfaat ya.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
Arsip
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Teknik Mudah Cara Mengetik 10 Jari yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat