Bahaya Narkoba Darurat Mengincar Generasi Muda Indonesia - BBT: Bahaya narkoba kini sangat mengancam generasi muda bangsa Indonesia, sungguh bangsa kita sedang dalam darurat narkoba karena anak SD saja kini telah ada yan

Bahaya Narkoba Darurat Mengincar Generasi Muda Indonesia

Bahaya Narkoba Darurat Mengincar Generasi Muda Indonesia
Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan lainnya, sering juga disebut dengan napza yaitu narkotika dan zat adiktif lainnya, sebenarnya bukan merupakan zat yang terlarang jika saja tidak disalahgunakan. Contohnya saja morfhin, dalam dunia kedokteran sebenarnya ada penggunaan bahan tersebut tapi digunakan untuk pembiusan pasien. Atau misalnya di suatu daerah, daun ganja digunakan orang sebagai salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan sayur. Nah, ketika semua bahan dan obat-obatan tersebut telah disimpangkan penggunaannya maka inilah yang menyebabkan bahaya narkoba tersebut muncul. Artinya bahaya narkoba bukan karena adanya narkoba namun dikarenakan penyalahgunaan narkoba tersebut.

Bahaya Narkoba Mengancam Generasi Muda Bangsa

Bahaya narkoba kini sungguh mengincar generasi muda Indonesia, bagaimana tidak, berdasarkan data nasional tahun 2014, 27,32% pengguna narkoba di Indonesia adalah siswa dan mahasiswa, 22,34% merupakan mereka yang tidak bekerja dan 50,34% merupakan pekerja swasta, instansi pemerintah dan wiraswasta. Narkoba yang kini bermacam-macam jenisnya, tercatat ada 251 jenis narkoba, mulai mengincar anak-anak di bawah umur sebagai targetnya. Para pengedar sengaja membuat narkoba itu seperti permen lalu diberikan kepada anak-anak secara gratis, hal ini jika anak tersebut pernah merasakan dan kemudian nanti diberikan lagi dia akan mulai menyukai narkoba, dan lama-kelaman jika terus-menerus akhirnya anak akan kecanduan dan mulailah anak-anak menjadi pangsa pasar para pengedar narkoba.

Indonesia benar-benar sedang darurat narkoba, pada tahun 2014 tercatat pengguna narkoba berusia 10-59 tahun sebanyak 4 juta jiwa. 12,044 orang meninggal karena narkoba, 33 orang meninggal setiap harinya. Penyebabnya karena mengonsumsi narkoba berlebih, ada yang mengonsumsi narkoba lebih dari satu jenis dan ada juga pemakai narkoba yang lama tidak mengonsumsi lalu kembali mengonsumsi. Seharusnya mulai sejak lama kita peduli tentang bahaya narkoba ini, terutama bahwa bahaya narkoba mengancam pada generasi muda generasi penerus bangsa Indonesia.

Kita sebagai rakyat, baik sebagai pemuda apalagi sebagai orang tua patut mewaspadai bahaya narkoba yang telah mengancam anak-anak kita, jangan sampai sedari kecil mereka telah mengenal dan apalagi jika telah memakainya. Kita sebenarnya wajib mengenal narkoba tapi bukan untuk kita mencobanya akan tetapi untuk kita menghindarinya.

Beberapa alasan yang biasanya menjadi penyebab seseorang menggunakan narkoba, di antaranya:
  • 87,2% coba-coba
  • 69,2% iseng
  • 59,0% mencari ketenangan
  • 59,0% ikut teman
  • 20,5% menambah keberanian
  • 10,3% dipaksa teman
Dari beberapa alasan di atas, kita wajib memberi perhatian kepada seluruh keluarga kita terutama anak-anak yang berada di lingkup keluarga kita, jangan sampai mereka terjebak ke dalam bahaya narkoba itu, karena sekali terkena narkoba dan bila itu berkenlanjutan maka rusak lah masa depan.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
Arsip
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Bahaya Narkoba Darurat Mengincar Generasi Muda Indonesia yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat