Pelajaran Bahasa Inggris #1 Menyusun Kalimat Bahasa Inggris - BBT: Mari belajar bahasa Inggris online gratis di sini. Belajar pelajaran bahasa inggris dengan menggunakan rumus sederhana untuk menyusun kalimat bahasa Inggris

Pelajaran Bahasa Inggris #1 Menyusun Kalimat Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris online gratis : Pelajaran Bahasa Inggris part 1

Sobat blogbacatulis kali ini saya ingin sedikit berbagi ilmu tentang pelajaran bahasa Inggris, siapa tau di antara sobat blogbacatulis ada yang sedang memerlukan tambahan informasi dalam pelajaran bahasa Inggris ini.
pelajaran bahasa inggris
Yang ingin saya share dalam pelajaran bahasa Inggris #1 ini adalah tentang bagaimana membuat atau menyusun sebuah kalimat bahasa Inggris. Dalam pelajaran bahasa Inggris sering ada yang namanya grammar, structure, tenses, dan lain sebagainya. Untuk pelajaran bahasa Inggris pertama ini saya tidak akan membahas mengenai tenses atau grammarnya, saya akan memberikan rumus sederhana agar mudah diingat dalam pembuatan atau penyusunan suatu kalimat.

Pelajaran Bahasa Inggris : Cara Menyusun Kalimat Bahasa Inggris

Untuk membuat kalimat bahasa Inggris dengan mudah, sekarang sobat cukup mengingat susunan ini: S-P-O-K

S (Subjek)

Subjek bisa dikatakan sebagai pelaku yang melakukan tindakan atau tokoh utama yang sedang melakukan tindakan atau kegiatan dalam kalimat tersebut, contoh:
Saya membeli buku di toko buku / I buy a book in the book store

Siapa pelaku/orang/tokoh yang melakukan kegiatan membeli buku di toko buku dalam kalimat tersebut? pelakunya/orangnya/tokoh yang melakukan tindakan atau kegiatan dalam kalimat tersebut adalah Saya (I). Saya inilah yang dikatakan sebagai subjek, orangnya atau pelakunya.

Satu contoh lagi, Kucing minum susu yang ada di mangkok. Siapa/apa yang minum susu di mangkok? Ya, yang minum adalah kucing. Jadi pelaku/orang/tokoh yang melakukan tindakan di kalimat tersebut adalah kucing. Maka kucing itulah subjeknya.

Nah, ini yang pertama. Kemudian selanjutnya apa?

P (Predikat)

Predikat ini bisa kita katakan sebagai tindakannya atau kegiatan yang dilakukan oleh si tokoh tadi di dalam kalimat tersebut. Kita lihat dari contoh tadi
Saya membeli buku di toko buku / I buy a book in the book store

Pelaku atau tokohnya tadi adalah "Saya/I", sekarang apa yang dikerjakan oleh si Saya tadi dalam kalimat tersebut? Iya, "membeli / buy". Jadi predikat dalam kalimat tersebut adalah membeli.

Atau kalau dalam contoh yang subjeknya adalah kucing tadi, yang dikerjakan kucing dalam kalimat tersebut adalah minum. Jadi predikatnya adalah minum.

Sobat, sebenarnya dalam kalimat bahasa Inggris, apabila subjek dan predikatnya sudah ada maka sudah dianggap sebagai kalimat, contohnya She comes = Dia datang, I read = Saya membaca. Hanya saja agar kalimat tersebut menjadi jelas dan lebih bisa dipahami maka perlu adanya komponen-komponen lainnya. Seperti bagian selanjutnya ini.

O (Objek)

Objek ini adalah sesuatu yang dikenai tindakan atau pekerjaan yang dilakukan oleh pelaku.

Saya membeli buku di toko buku / I buy a book in the book store

Apa yang saya beli? Jawabannya adalah buku/book, maka sesuatu yang terkena atau dikenai tindakan dalam kalimat tersebut adalah buku/book. Jadi, buku/book disini kita sebut sebagai objek.

K (Keterangan)

Keterangan disini bisa berkaitan dengan tempat, dengan waktu atau dengan cara yang menerangkan keadaan tindakan/kegiatan yang dilakukan oleh subjek.

Saya membeli buku di toko buku / I buy a book in the book store

Dalam contoh di atas diterangkan bahwa kegiatan membeli buku tadi di toko buku (in the book store), sehingga di toko buku/in the book store inilah yang menjadi keterangan dalam kalimat tersebut.

Rumus S-P-O-K ini bisa sobat gunakan untuk membuat kalimat sederhana bahasa Inggris. Belajar pelajaran bahasa Inggris ga harus bikin pusing kok, yang terpenting banyak latihan. Silahkan sobat latihan membuat kalimat yang menggunakan rumus S-P-O-K ini, kalau sudah paham nanti bisa sobat lanjutkan ke tahap yang berikutnya.

Semoga artikel pelajaran bahasa Inggris #1 menyusun kalimat bahasa Inggris bisa menambah informasi yang sobat perlukan dalam pelajaran bahasa Inggris. Jika sobat menemukan kesalahan atau kekurangan dalam artikel pelajaran bahasa Inggris #1 menyusun kalimat bahasa Inggris, mohon dikoreksi dan berikan komentarnya di kolom komentar, biar artikel ini bisa diperbaiki lagi.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
Arsip
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Pelajaran Bahasa Inggris #1 Menyusun Kalimat Bahasa Inggris yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat