Kebiasaan Cara Tidur Yang Salah Yang Sering Kita Lakukan - BBT: Kebiasaan cara tidur yang kita lakukan ternyata masih banyak yang menjadi kebiasaan cara tidur yang salah. Sebenarnya kebiasaan tidur yang seperti apa

Kebiasaan Cara Tidur Yang Salah Yang Sering Kita Lakukan

Pada dasarnya, kebiasaan makan makanan sehat, olahraga teratur dan cukup istirahat akan membuat kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga dan tetap fit. Akan tetapi, tahukah sobat ternyata banyak sekali kebiasaan cara tidur kita adalah salah yang ternyata dapat mengganggu kualitas tidur kita sehingga akibatnya kita bisa saja mengalami kurang istirahat ataupun kualitas istirahat kita menjadi tidak maksimal, akhirnya dampak kebiasaan cara tidur kita yang salah tadi akan mengakibatkan masalah pada kesehatan tubuh kita.
cara tidur salah
Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan cara tidur yang salah yang biasanya atau mungkin sering kita lakukan.

Kebiasaan cara tidur yang salah yang sering dilakukan

  1. Tidur kurang dari 7 jam. Jam istirahat untuk orang dewasa setidaknya 7-9 jam. Jika kita mengganggap tidur dengan 4 jam saja sudah cukup maka itu suatu kesalahan sekalipun tidur 4 jam itu dengan keadaan yang sangat nyenyak, namun jika kita membiarkan kebiasaan tidur yang kurang dari kebutuhan tubuh kita tadi maka itu akan dapat berdampak buruk pada kesehatan kita.
  2. Tidak memiliki jam tidur. Tidur dengan waktu yang konsisten akan membantu tubuh mengetahui waktunya untuk beristirahat dan waktunya untuk bangun. Hal ini bermanfaat untuk membuat bangun menjadi lebih segar dan tidak lesu.
  3. Tidur dengan bantal yang terlalu lembut. Bantal yang baik untuk tidur adalah bantal yang bisa menopang kepala dan leher dengan posisi yang baik, sebaiknya lebih tinggi dari posisi tubuh dan menjaga agar posisi tulang belakang tetap lurus.
  4. Hanya menggunakan bantal di kepala. Jika kamu biasa tidur telentang sebaiknya letakkan pula bantal ataupun guling di bawah kedua lutut untuk menahan beban pada bagian belakang bawah tubuh kamu, atau jika kamu biasa tidur dengan posisi miring atau menyamping sebaiknya tambahkan juga bantal atau guling yang dijepit di tangan/ketiak kamu. Ini akan membantu mengurangi rasa pegal saat bangun tidur.
  5. Tidur dengan perut kenyang. Sebaiknya waktu makan kamu setidaknya 3 jam sebelum tidur harus sudah selesai, sehingga saat kamu akan tidur tidak dalam keadaan perut yang masih banyak berisi makanan karena kamu mungkin saja akan mengalami gangguan pencernaan.
  6. Posisi tidur tengkurap. Ada mitos yang mengatakan kalau tidur tengkurap nantinya ibunya akan cepat meninggal, tapi sebenarnya bukan karena mitos kebiasaan cara tidur tengkurap ini yang menjadikannya salah tapi karena posisi tengkurap tersebut dapat mengganggu pernapasan, dan selain itu posisi tidur tengkurap ini juga dapat mengakibatkan sakit pada leher dan punggung.
  7. Tidur dengan menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis. Sebaiknya gunakan bahan baju yang terbuat dari katun atau dari bahan berserat alami, agar kamu tidak kepanasan saat tidur.
  8. Tidur dengan kaki kotor. Sebaiknya bersihkan diri dulu sebelum tidur setidaknya mencuci kaki akan membantu tidur kamu agar lebih nyaman dan terhindar dari rasa gatal yang dapat mengganggu tidur.
  9. Tidur dengan lampu menyala. Tidur dengan lampu dimatikan akan membantu produksi hormon melatonin (pencegah kanker) secara maksimal, dan juga tidur dengan mematikan lampu dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik.
  10. Tidur dengan handphone, atau menggunakan komputer atau menonton TV sebelum tidur. Cahaya dari layar handphone, komputer atau TV dapat mengganggu sistem kerja otak kamu, apalagi jika kamu membuka layar handphone (membaca sms/email) setelah kamu telah tertidur, hal ini sangat berpengaruh buruk pada mata maupun otak.
Itu tadi sobat, kebiasaan cara tidur yang salah yang sering kita lakukan. Tidur yang cukup dan dengan kualitas yang baik tentu akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita untuk tetap stabil. Semoga bermanfaat ya sobat.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Kebiasaan Cara Tidur Yang Salah Yang Sering Kita Lakukan yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat