Manfaat Tidur Dalam Gelap Vs Bahaya Tidur Dalam Terang - BBT: Apa saja manfaat tidur dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan? kamu pasti tidak akan percaya dengan bahaya tidur dalam terang atau keadaan lampu menyala

Manfaat Tidur Dalam Gelap Vs Bahaya Tidur Dalam Terang

Siapa yang takut gelap? Ayo ngaku... Kalau takut gelap pasti tidurnya harus dengan lampu kamar menyala. Tapi tahukah sobat, tidur dengan lampu tetap menyala ternyata mempunyai resiko berbahaya bagi kesehatan. Sementara itu, kamu akan mendapat manfaat tidur apabila tidur dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan.
manfaat tidur
Mungkin dalam benak sobat bertanya-tanya, apa ada hubungannya lampu menyala dan lampu dimatikan untuk mendapatkan manfaat tidur. Yang penting kan tidurnya nyaman dan tidak terganggu. Iya, benar sekali sobat, tidur yang nyaman dan tidak terganggu memang faktor yang tetap harus dijaga agar kualitas tidur kita baik dan manfaat tidur pun dapat kita rasakan. Tapi ada rahasia lain tentang manfaat tidur jika kita tidur dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan.

Bahaya tidur dengan lampu menyala

Sekarang mari kita selidiki kenapa tidur dalam keadaan terang atau lampu tetap menyala itu bisa membahayakan.
  • Meningkatkan resiko terkena kanker payudara
Bagi kaum wanita, tidur dengan lampu menyala ternyata memiliki resiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara. Ini disebabkan oleh paparan sinar dari lampu yang tetap menyala saat kita tidur
  • Mengurangi produksi melatonin
Saat kita tidur dengan keadaan terang atau lampu menyala, hormon melatonin akan berhenti berproduksi. Hormon melatonin ini fungsinya untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit terutama kanker prostat dan kanker payudara.
  • Menyebabkan depresi
Tidur dengan tetap membiarkan lampu menyala dapat menyebabkan perubahan struktur pada otak dan juga bisa meningkatkan resiko terkena depresi.
  • Meningkatkan obesitas dan diabetes
Tidur dalam terang ini juga dapat meningkatkan terkena obesitas serta meningkatnya diabetes. Ketika kita tidur dengan lampu menyala jam biologis tubuh kita bisa saja terganggu sehingga memungkinkan kita menjadi susah tidur, akibatnya kalau kita susah tidur bisa jadi kita mengisinya dengan ngemil atau makan, padahal waktunya sudah tengah malam. Hal inilah yang bisa mengakibatkan meningkatnya resiko obesitas dan diabetes.

Manfaat tidur dalam gelap

  • Memaksimalkan produksi hormon melatonin
Kalau saat tidur dengan lampu menyala dapat menyebabkan terhentinya produksi hormon melatonin, maka saat tidur dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan produksi hormon melatonin malah semakin meningkat dan maksimal. Hal ini baik karena sebagaimana fungsinya tadi melatonon dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat dan terutama bagi wanita menghindari kanker payudara.
  • Meningkatkan kerja otak
Manfaat tidur yang dapat kita ambil dari tidur dalam gelap yaitu dapat meningkatkan kerja otak dan membantu agar tidak mudah pelupa.
  • Menenangkan pikiran
Tidur dalam keadaan gelap dapat mengurangi tingkat depresi dan stress yang kita alami, juga dapat menstabilkan emosi.
  • Mengurangi obesitas dan diabetes
Jika tidur nyaman dan tidak terganggu maka dapat menghindari kegiatan-kegiatan lain yang dapat memicu obesitas dan diabetes.
  • Tidur lebih nyenyak dan nyaman
Tidur dengan lampu dimatikan dapat membantu kita untuk tidur lebih cepat, dan kualitas tidurpun lebih nyaman dan lebih nyenyak.

Selain manfaat tidur di atas, ada lagi sobat manfaat tidur dengan lampu dimatikan lainnya, yaitu bayar listrik jadi lebih irit :-)

Jadi, kalau sudah tau bahaya tidur dalam terang dan manfaat tidur dalam gelap, apa pilihan sobat sekarang? masih ingin tidur dalam terang atau mau mencoba mulai tidur dalam gelap. Semua tergantung pilihan masing-masing, tapi utamakanlah kesehatan diri kita.

Semoga artikel manfaat tidur dalam gelap vs bahaya tidur dalam terang ini bermanfaat. Kalau ada kekurangan dalam artikel manfaat tidur dalam gelap vs bahaya tidur dalam terang ini, sobat bisa memberikan koreksi pada kolom komentar ya.

loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Manfaat Tidur Dalam Gelap Vs Bahaya Tidur Dalam Terang yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat