Terlihat Tua? Ini 11 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata - BBT: Wajahmu kelihatan lebih tua dari usiamu? Mungkin kamu harus menggunakan cara menghilangkan kerutan dibawah mata berikut ini. Ketahui juga penyebabnya

Terlihat Tua? Ini 11 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

cara menghilangkan kerutan dibawah mata
Apakah wajahmu menjadi tampak lebih tua dari usiamu? Mungkin kerutan yang mulai bermunculan di sekitar bawah mata membuat kamu yang masih berumur 23 tahun terlihat seperti berumur 33 tahun. Wah, tentu ini menjadi masalah besar dong ya? Apakah ini memang faktor umur? Belum tentu, banyak faktor lainnya yang menyebabkan kerutan dan keriput muncul lebih dini. Lalu, bagaimana mengatasinya. Inilah sobat, yang akan kita bahas kali ini yaitu cara menghilangkan kerutan dibawah mata.

Jika kerutan merupakan sebuah tanda penuaan mungkin akan wajar jika mulai bermunculan sesuai dengan usia yang kita miliki, misalnya saja sudah kepala 3 atau kepala 4, walaupun untuk mereka yang telah menjaga dan merawat kecantikan sejak dini mereka tetap memiliki wajah yang cantik dan awet muda dengan kerutan yang minim, itu kalau sudah dilakukan perawatan dari awal jadi walaupun sudah berumur dewasa tapi tetap awet muda. Nah, kalau misalnya buat kamu yang masih berusia muda tapi sudah memiliki kerutan di wajah terutama di sekitar bawah mata apakah jadinya tidak menjadikan kamu lebih tua dari usia yang sebenarnya, apalagi kalau ditambah dengan kantung mata, pasti akan memperburuk penampilan kamu. Maka dari itu sobat kita perlu mengetahui apa saja sih penyebab dari munculnya kerutan tersebut dan bagaimana cara mengatasi kerutan terutama yang ada dibawah mata.

Sebelum kita masuk ke bagian cara mengatasi kerutan dibawah mata, sebaiknya kita cari tau dulu apa saja penyebab dari munculnya kerutan tersebut.

Penyebab dan cara menghilangkan kerutan dibawah mata

Berikut ini merupakan beberapa faktor selain karena genetik atau keturunan yang dapat mempengaruhi munculnya kerutan di wajah atau dibawah mata.

Penyebab kerutan dibawah mata

  • Sinar matahari
Sinar matahari memiliki UV A dan UV B yang bisa berdampak buruk pada kulit, selain dapat memunculkan bintik-bintik hitam di kulit dampak lainnya juga dapat membuat kulit menjadi lebih kendur. Seringnya melakukan aktifitas di bawah terik matahari langsung terutama tanpa adanya perlindungan seperti memakai sunblock, payung atau yang lainnya akan menyebabkan kulit kita lebih cepat keriput dan menghitam.
  • Asap rokok
Bukan hanya menyebabkan efek buruk bagi kesehatan tubuh, namun asap rokok juga dapat merusak kulit kita. Asap rokok dapat menyebabkan kulit kering dan mempercepat proses penuaan dini, jika ini terjadi maka dapat memicu produksi enzim yang dapat memecah elastin dan kolagen sehingga elastisitas dan kelembaban kulit akan berkurang. Dan juga merokok ini akan menyebabkan kerutan dan keriput di area sekitar mulut dan mata.
  • Kurang istirahat
Kurangnya waktu tidur atau sering bergadang juga dapat memicu timbulnya kerutan. Tubuh maupun kulit juga memerlukan istirahat yang cukup, jika terlalu diforsir dengan melakukan banyak aktifitas sedangkan istirahatnya kurang maka aktifitas yang ada di dalam tubuh kita pun akan ikut terganggu dan tidak optimal. Jika aktifitas dalam tubuh terganggu otomatis akan berdampak buruk pada kesehatan dan juga berkaitan dengan kulit kita, aktifitas-aktifitas seperti misalnya saja produksi kolagen yang dapat memperbaiki kulit juga dapat terganggu. Selain itu cara tidur yang salah juga bisa menyebabkan munculnya kerutan atau keriput di wajah dan bawah mata, misalnya tidur dengan posisi wajah menghadap ke bantal, posisi tidur yang lebih baik untuk menjaga kekencangan kulit wajah adalah dengan posisi telentang.
  • Pola diet yang salah
Melakukan diet secara berlebihan atau dengan pola yang salah juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya kerutan dini. Diet bukan berarti tidak makan sama sekali, tetapi seharusnya dengan cara memilah-milah makanan, misalnya memilih makanan sehat yang tetap memberikan asupan energi yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Dietpun juga harus tetap dibarengi dengan olahraga.
  • Dehidrasi
Air merupakan asupan harian yang sangat penting bagi tubuh kita. Kurang minum air akan menyebabkan tubuh kita menjadi kekurangan cairan yang bisa mengganggu kesehatan kita, dampak lainnya terhadap kulit adalah kulit menjadi lebih kusam dan kering sehingga keriput dan kerutanpun mudah muncul pada kulit kita.
  • Terlalu banyak gerakan wajah
Kegiatan tersenyum, tertawa atau merengut membuat wajah kita banyak melakukan gerakan, ini juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya kerutan. Tapi karena ini merupakan kebutuhan kita dalam berekspresi dan berinteraksi jadi tidak harus dikurangi ya sobat, kita bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi masalah kerutan ini.
  • Produk kosmetik
Faktor lainnya yang bisa menyebabkan munculnya kerutan dini adalah produk kosmetik yang kita gunakan. Jika kita memakai produk kosmetik secara berlebihan atau mungkin produk yang kita pakai tidak cocok dengan kulit kita, maka bisa saja ini akan menyebabkan munculnya kerutan dibawah mata dan wajah kita.

Itu tadi sobat, beberapa faktor penyebab munculnya kerutan dini. Nah, sekarang bagaimana cara menghilangkan kerutan dibawah mata. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk menghilangkan kerutan yang mulai bermunculan dibawah mata kita.

11 cara menghilangkan kerutan dibawah mata

1. Hindari sinar matahari langsung
Cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang pertama adalah usahakanlah untuk tidak berada di bawah sinar matahari langsung, namun jika kamu sering melakukan aktifitas di bawah sinar matahari usahakanlah selalu memakai pelindung kulit agar terhindar dari dampak buruk sinar UV A dan UV B yang ada pada sinar matahari, kamu bisa menggunakan sunblock, payung, atau topi, lindungi juga mata kamu dengan menggunakan kacamata hitam agar terhindar dari sinar matahari.

2. Jauhi asap rokok
Cara menghilangkan kerutan dibawah mata berikutnya yaitu berhenti merokok jika kamu adalah seorang perokok karena selain dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan juga dapat mengganggu kecantikan kulit kamu terutama wajah. Kalaupun bukan perokok aktif kamu juga wajib menghindari dan menjauhi lingkungan yang banyak asap rokoknya.

3. Istirahat cukup
Tidurlah sekitar 6-8 jam sehari agar tubuh kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan dapat melakukan regenerasi kulit.

4. Cukup minum air
Jagalah tubuh kamu agar tidak kekurangan cairan. Air sangat berguna untuk melembabkan kulit dan mencegah timbulnya kerutan. Seharusnya kita minum air setidaknya 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Apakah sobat sudah pernah membaca sebuah cerita nyata, pengalaman seorang wanita yang memiliki tubuh agak gemuk dan kulit muka kusam serta tampak kantung mata dan kerutan dibawah mata, lalu dia minum air sekitar 3 liter sehari dalam waktu seminggu mulai ada perubahan pada wajahnya menjadi lebih lembab dan setelah beberapa minggu kemudian, berat badannya mulai turun dan kantung hitam serta kerutan dibawah mata mulai berkurang. Inilah hebatnya manfaat minum air setiap harinya, tapi sebaiknya minum air jangan berlebihan juga ya.

5. Gunakan produk kosmetik yang sesuai dengan kulit
Pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit kamu serta gunakanlah seperlunya dan jangan berlebihan dalam pemakaian. Selain itu bersihkanlah kosmetik kamu dengan benar dan bersih agar tidak menyisakan kotoran di kulit yang bisa memicu kekusaman dan kerutan.

6. Lakukan diet yang sehat
Apabila kamu sedang melakukan diet, lakukanlah dengan menggunakan pola diet sehat. Kamu bisa mencari informasi bagaimana cara melakukan diet yang sehat dan benar supaya kamu tidak melakukan diet yang salah yang bisa berdampak buruk pada kulit seperti munculnya kerutan di bawah mata dan wajah. Pilih makanan yang tepat untuk kamu konsumsi sewaktu diet yang bermanfaat untuk tubuh kamu dan tidak merugikan kamu.

7. Makan makanan sehat dan buah
Makanlah makanan yang sehat dan perbanyak makan buah. Makanan yang banyak mengandung antioksidan dan membantu peregenerasian kulit sangat bagus untuk dikonsumsi. Selain untuk yang diet buat kamu yang tidak dietpun juga harus menjaga pola makan yang sehat dengan memakan makanan sehat dan banyak makan buah.

8. Oleskan serum dan cream mata
Untuk menjaga kulit sekitar mata kamu. Rutinlah mengoleskan cream khusus untuk mata untuk menjaga kelembaban dan mengatasi kerutan yang bermunculan di sekitar mata. Kamu bisa mengoleskannya setiap malam, sementara untuk serum khusus mata kamu bisa memakainya minimal satu kali saja dalam seminggu ya sobat. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan kerutan dbawah mata.

9. Lap muka
Melakukan ritual melap muka secara rutin dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan dibawah mata dan wajah kamu. Caranya ambil handuk bersih dan lembut kemudian celupkan dalam air hangat, peras airnya lalu tepukkan handuk hangat tadi pada wajah terutama di sekitar mata kamu, tepukkan dengan lembut saja ya.

10. Pijat wajah
Agar kulit wajah kamu menjadi rileks dan kembali keelastisitasannya kamu bisa memijat-mijat kulit wajah. Caranya dengan memijat lembut dengan jari telunjuk dan jari tengah kamu pada daerah belakang telinga menuju rahang, daerah mata dalam menuju arah luar, dari pelipis menuju sisi pipi sampai dagu, dan ke arah sebaliknya. Berikut ini video bagaimana cara memijat wajah yang benar.


11. Gunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kerutan
Banyak sekali ramuan dari bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu pilihan cara menghilangkan kerutan dibawah mata dengan cara alami. Kamu bisa membuat scrub atau masker dari banyak bahan alami yang tersedia, misalnya saja menggunakan masker putih telur yang bermanfaat mengencangkan kulit atau masker madu dan susu yang sangat bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit. Bekas kantung teh juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata dan mengatasi kerutan dibawah mata.

Nah, sobat, itulah tadi 11 cara menghilangkan kerutan dibawah mata. Kita harus menjaga dan merawat kesehatan kulit kita sejak dini agar tanda penuaan seperti kerutan tidak muncul lebih cepat dari yang seharusnya. Semoga artikel 11 cara menghilangkan kerutan dibawah mata ini bermanfaat, jika ada kekurangan atau kesalahan pada artikel ini mohon sobat memberikan koreksi dengan memberikan komen pada kolom komentar ya.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Terlihat Tua? Ini 11 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat