Kehebatan Manfaat Santan Yang Bukan Sekedar Lemak - BBT: Manfaat santan bukan hanya untuk makanan, kue atau minuman saja tapi banyak kehebatan manfaat santan lain yang belum kita ketahui seperti pencegah penyakit

Kehebatan Manfaat Santan Yang Bukan Sekedar Lemak

Kehebatan Manfaat Santan Yang Bukan Sekedar Lemak
Siapa sih yang ga tau dengan yang namanya santan, apalagi orang Indonesia yang memiliki banyak sekali pohon penghasil santan ini, eh maksudnya penghasil kelapa yang nantinya bisa dijadikan santan. Iya, santan merupakan cairan berwarna putih susu yang dihasilkan dari perasan daging buah kelapa yang diparut dengan bantuan tambahan ataupun tanpa penambahan air. Santan yang bagus akan didapatkan dari parutan kelapa yang sudah tua. Santan seringkali dimanfaatkan untuk menambah citarasa pada makanan, santan akan memberikan rasa makanan yang lebih gurih dan nikmat. Namun banyak sekali orang merasa khawatir untuk menikmati berbagai kuliner yang berbahan santan, katanya takut kolesterol naik atau panas dalam. Apa itu benar? Apakah dalam santan mengandung banyak kolesterol jahat yang bisa merugikan bagi tubuh kita? Nah, ini yang perlu kita telusuri lebih dalam, karena ternyata banyak dari kita belum mengetahui kehebatan manfaat santan itu sendiri. Bukan hanya sekedar penambah citarasa makanan ya sobat, tapi kehebatan manfaat santan jauh lebih dari itu, dan santan itu bukan hanya sekedar lemak loh....

Di berbagai negara lain yang juga terdapat banyak pohon kelapa, santan juga sangat populer digunakan sebagai bahan utama masakan, selain itu santan juga bisa dijadikan sebagai minuman yang bisa langsung dikonsumsi. Karena di dalam santan memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Inilah sobat, manfaat santan yang masih belum banyak orang mengetahuinya.

Manfaat Santan Yang Memiliki Banyak Kebaikan Bagi Tubuh

Kalau sobat sering mendengar bahwa santan bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh, sobat harus meneliti kembali kebenarananya, karena sebenarnya santan itu sendiri tidak mengandung kolesterol melainkan fitosterol.

Apa itu fitosferol? Fitosferol merupakan zat steroida yang secara alami terdapat dalam tumbuhan yang memiliki susunan strukstur yang sama dengan kolesterol namun pada fitosterol mengandung gugus etil pada rantai cabangnya. Fitosterol ini merupakan kolesterol rantai pendek yang mempunyai fungsi untuk menghadang kolesterol jahat. Ada yang menyebut fitosterol sebagai kolesterol baik, hal ini karena fungsi fitosterol yang berguna untuk mengikis dan membuang kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah dan kemudian membawanya kembali ke hati untuk diproses dan dilenyapkan. Intinya, fungsi fitosferol yang termasuk sebagai manfaat santan ini adalah menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah dan mencegah penyakit jantung, selain itu juga fitosferol ini berfungsi untuk meningkatkan ekskresi kolesterol sehingga dapat menurunkan penyerapan kolesterol secara total.

Nah, kalau persoalan kolesterol yang katanya terkandung dalam santan ini sudah terjawab bahwa bukan kolesterol lah yang ada pada santan melainkan fitosferol yang menjadi manfaat santan yang sangat baik bagi tubuh kita karena dapat mencegah penyakit jantung serta dapat membuang kolesterol jahat pada tubuh. Tapi sobat, bukan hanya itu saja kehebatan manfaat santan yang mungkin belum kita ketahui. Karena masih banyak lagi manfaat santan lainnya yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh.

Fakta manfaat santan:
  • Memiliki kandungan protein, air dan lemak yang tinggi, yang juga mirip dengan kandungan protein yang ada pada susu sapi. Ternyata bukan hanya warnanya yang mirip dengan susu sapi ya sobat tapi kandungannya pun juga serupa. Jadi sobat, santan ini sangat baik dikonsumsi karena kandungannya yang mirip dengan susu sapi. Tapi ada kelebihan santan dibanding dengan susu sapi yaitu santan mengandung lemak nabati dan tidak mengandung kolesterol sebagaimana susu sapi, selain itu juga jika pada susu sapi terdapat laktosa yang mungkin tidak bisa dikonsumsi oleh penderita lactose intolerant, tidak sama dengan santan yang tidak mengandung laktosa sehingga para penderita lactose intolerant masih bisa mengonsumsinya.
  • Santan mengandung Vitamin C, E dan B yang melimpah, yang kegunaan vitamin C dan E ini sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sedangkan vitamin B dapat berguna untuk memberi energi pada sel.
  • Santan juga mengandung asam laurat dan asam kaprat. Asam laurat merupakan kelompok asam lemak jenuh rantai sedang yang asam laurat ini juga terdapat pada Air Susu Ibu (ASI). Asam laurat ini nantinya di dalam tubuh akan diubah menjadi monolaurin, yang salah satu manfaat monolaurin ini adalah sebagai antivirus dan antibakteri. Diketahui juga bahwa monolaurin ini dapat menghancurkan virus herpes, influenza dan virus penyebab penyakit HIV. Sementara asam kaprat dalam bentuk monokaprat juga berfungsi sebagai antimikroba.
  • Antioksidan tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa air kelapa kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan karena terkena radikal bebas. Minum air kelapa ataupun minum santan akan dapat membantu membangun kembali sel-sel yang rusak menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Santan juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Antioksidan yang terkandung dalam santan dapat membantu mencegah penuaan dini. Kamu bisa mengambil manfaat santan untuk kecantikan dengan mengoleskan santan pada kulit untuk merawat kulit dari luar. Selain itu kamu juga dapat mengonsumsinya dengan menambahakan pada makanan ataupun meminumnya langsung untuk memberikan manfaat santan dari dalam tubuh. Sedangkan untuk perawatan rambut agar rambut menjadi lebih lembut, halus dan mencegah kerontokan yaitu dengan mengoleskan santan pada bagian akar rambut hingga ke ujung rambut kemudian diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan air atau keramas seperti biasa.
  • Kandungan nutrisi lainnya yang ada pada santan adalah kalori, gula, protein dan kalsium. Kalori yang terkandung pada santan terbilang tinggi sehingga cukup untuk kebutuhan tubuh. Adanya glukosa dan fruktosa yang rendah dalam santan lah yang menyebabkan adanya sedikit rasa manis pada santan. Meski kandungan protein yang ada pada santan cukup rendah namun tetap memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Sementara kalsium sangat bermanfaat untuk tulang dan gigi.
Nah, jika manfaat santan di atas masih banyak yang belum mengetahui, manfaat santan yang satu ini tentu sudah banyak yang khatam yaitu bahwa santan sangat bermanfaat untuk menambah kenikmatan rasa makanan dan minuman yang kita nikmati. Apalagi di kalau di bulan puasa, banyak sekali berbagai aneka makanan, kue dan minuman yang di dalamnya terdapat tambahan santan sebagai penambah kelezatan rasanya.

Bagaimana sobat, akhirnya kita sudah mengetahui banyaknya kehebatan manfaat santan yang bukan hanya sekedar lemak. Semoga artikel Kehebatan Manfaat Santan Yang Bukan Sekedar Lemak ini bermanfaat ya sobat, jika ada kekeliruan atau kesalahan dalam artikel ini mohon sobat berikan koreksi melalui kolom komentar, supaya artikel ini dapat diperbaiki lagi.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Kehebatan Manfaat Santan Yang Bukan Sekedar Lemak yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat