Sudah Benarkah Puasamu? Kenali Pengertian Puasa Lebih Dalam - BBT: Bagaimana puasa yang kita jalani selama ini, apakah sudah benar?Mari kita kenali lebih dalam pengertian puasa baik menurut bahasa maupun istilah supaya kita

Sudah Benarkah Puasamu? Kenali Pengertian Puasa Lebih Dalam

Apakah sobat salah seorang muslim yang telah beragama Islam sejak lahir? Kalau iya, berarti sama dengan saya. Apakah sobat juga sudah melaksanakan puasa ataupun sudah belajar puasa sedari kecil? Kalau iya, berarti juga sama dengan saya heee...tapi kira-kira puasa yang kita jalankan sejak lama ataupun sudah berkali-kali tersebut sudah benar belum ya? Apakah puasa itu hanya sekedar menahan lapar, haus dan amarah saja? Kalau seandainya kita sudah bisa menahan lapar, haus dan amarah apakah itu berarti kita termasuk orang-orang yang berhasil menjalankan puasa? Dan apakah ini ....? Apakah itu ....? Duh, banyak banget pertanyaannya. Nah, supaya kita bisa lebih memahami lagi apa yang dimaksud dengan puasa, bagaimana pelaksanaannya, apa pengertian puasa, pengertian puasa menurut bahasa dan istilah, apa hakikat puasa, tulisan saya kali ini akan membahas tentang pengertian puasa. Tapi bukan berarti saya yang ngasih pencerahan, saya cuma mengumpulkan materinya nanti biar kita masing-masing yang akan memahami tentang pengertian puasa, hakikat puasa yang sudah kita jalankan.

Sebelum lebih lanjut, berikut ini merupakan beberapa hal yang akan kita bahas kali ini terkait dengan masalah puasa.
  1. Pengertian puasa menurut bahasa dan istilah
  2. Macam-macam puasa
  3. Puasa Ramadhan
  4. Manfaat Puasa
  5. Hakikat Puasa
Kenali Pengertian Puasa Lebih Dalam0

Kenali pengertian puasa dan berbagai macam hal tentang puasa

Pengertian puasa menurut bahasa dan istilah

Puasa yang bahasa Arabnya disebut dengan Shaum memiliki pengertian secara bahasa yaitu menahan diri. Sedangkan pengertian puasa menurut istilah syara' yaitu menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar (subuh) sampai terbenamnya matahari (magrib) dengan niat hanya untuk beribadah kepada Allah SWT semata.

Nah, sekarang apa saja yang bisa membatalkan puasa? Hal-hal yang bisa membatalkan puasa yaitu:
  1. Makan, minum dan merokok atau mengisap asap rokok dengan sengaja. Batal puasa karena hal ini harus mengganti puasanya setelah selesai bulan Ramadhan
  2. Haid dan nifas. Wanita yang sedang dalam keadaan haid atau nifas tidak boleh berpuasa sampai masa hai dan nifasnya selesai dan telah bersuci. Tidak berpuasa karena hal ini harus mengganti puasanya setelah selesai bulan Ramadhan.
  3. Melakukan jima' (berhubungan suami isteri) di siang hari dengan sengaja. Hal ini wajib mengganti puasanya diluar bulan Ramadhan dan juga harus membayar kafarat (denda). Kafarat nya adalah membebaskan budak miskin, jika tidak ada maka bisa menggantinya dengan berpuasa dua bulan berturut-turut, namun jika tidak mampu dapat menggantinya dengan memberi makan 60 orang miskin.
  4. Hilang akal atau gila.
  5. Keluar mani dengan sengaja. Misalnya berhayal dengan sengaja lalu keluar mani, maka puasanya batal.
  6. Muntah dengan sengaja, misalnya memasukkan jari ke kerongkongan yang menyebabkan muntah. Tidak batal jika muntah karena sakit atau mabuk perjalanan/hamil.
  7. Memasukkan jarum suntik dengan sengaja, misalnya dengan tujuan untuk mengenyangkan.
  8. Memasukkan benda melalui lubang Kubul dan Dhubur.
Jadi, puasa itu bagaimana kita menahan diri ya sobat, menahan diri dari rasa lapar, haus, amarah, dan hawa nafsu. Maksudnya hawa nafsu yang tidak boleh disini adalah hawa nafsu yang buruk, contoh kecil saja misalnya ngomongin orang, atau berfikir negatif tentang orang lain. Itu salah satu contoh kecil saja. Eh, tapi..marah atau ngegosip tidak disebutkan menjadi hal-hal yang membatalkan puasa di atas ya sobat? Iya, kalau kita marah ataupun jenis hawa nafsu yang seperti saya contohin tadi itu emang gak membuat puasanya jadi batal, tapi nilai dan pahala puasanya yang batal. Kalau puasanya sudah ga bernilai lagi, artinya yang akan kita dapatkan cuma lapar dan haus doang, sedangkan pahalanya nol.

Sobat blogbacatulis, berikut ini adalah hal-hal yang bisa membatalkan pahala puasa:
  1. Ngomongin orang (menggosip)
  2. Berkata bohong atau mengadu domba
  3. Bersaksi palsu
  4. Mengucapkan atau berkata perkataan yang buruk seperti mencaci, berkata kotor atau sumpah serapah
  5. Mencium perempuan yang bukan muhrim
  6. Mata jelalatan sampai menimbulkan nafsu
  7. Berbuat hasud (dengki) yang dapat merugikan orang lain
  8. Berkelahi adu mulut
  9. Mencuri
  10. Berbicara mengenai sesuatu yang tidak bermanfaat.

Macam-macam puasa

Macam-macam puasa disini maksudnya berdasarkan hukum puasanya, jadi ada yang namanya puasa wajib, puasa sunnat, puasa makruh dan puasa haram. Apa saja yang termasuk di dalam kategori macam-macam puasa tersebut, mari kita jelajahi lebih lanjut.

Puasa wajib

Yang termasuk ke dalam puasa wajib adalah:
  1. Puasa Ramadhan, yaitu puasa yang kita jalankan setiap bulan Ramadhan.
  2. Puasa nadzar, ini merupakan puasa yang wajib dikerjakan setelah apa yang kita nadzarkan sebelumnya terkabul. Contohnya ada siswa yang sebelum ujian kenaikan kelas dia pernah mengucapkan nadzar "kalau aku naik kelas, aku akan puasa selama 2 hari". Nah, kalau dia memang benar naik kelas maka dia wajib membayar hutang puasa nadzarnya tersebut.
  3. Puasa kafarat/kifarat, merupakan puasa yang wajib dikerjakan sebagai denda terhadap suatu pelanggaran ketentuan agama. Puasa kafarat/kifarat ini ditujukan untuk menghapuskan dosa dari pelanggaran yang telah dilakukan oleh seseorang tersebut.
Puasa sunnah

Sunnah berarti berpahala jika kita kerjakan dan tidak berdosa kalaupun tidak dikerjakan. Jadi puasa sunnah ini ibarat kita mencari tambahan gaji dari selain dari gaji pokok dari pekerjaan yang memang kewajiban kita. Ada beberapa macam puasa sunnah, di antaranya yaitu:
  1. Puasa senin kamis. Puasa sunnah ini dilakukan pada hari senin dan kamis. Rasulullah sangat menganjurkan untuk puasa senin kamis karena pada hari itu amal perbuatan kita sedang diperiksa, jadi alangkah baiknya saat amalan kita sedang diperiksa kita sedang dalam keadaan melakukan ibadah yang baik seperti puasa.
  2. Puasa hari asyura. Hari asyura ini adalah hari ke 10 dari bulan Muharram. Tapi sebaiknya juga dibarengi dengan puasa di hari ke 9 nya.
  3. Puasa hari arafah. Yaitu puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan saat para jamaah haji sedang melakukan wuquf di arafah.
  4. Puasa nishfu sya'ban. Puasa ini dilakukan pada pertengahan atau tepat tanggal 15 bulan sya'ban.
  5. Puasa syawal. Puasa syawal ini dilakukan sebanyak enam hari pada bulan syawal. Tidak ada ketentuan tanggal pelaksanaannya tapi lebih diutamakan pada awal bulan syawal selain dari tanggal 1 syawal.
  6. Puasa Daud. Merupakan puasa yang biasa dilakukan oleh nabi Daud as. Pengerjaannya yaitu dengan menyelang-nyeling puasa, sehari puasa sehari tidak setelah itu puasa lagi dan besoknya tidak, begitu seterusnya.
Puasa-puasa sunnah ini memiliki keutamaannya masing-masing ya sobat, kita bisa pilih puasa sunnah mana yang ingin kita kerjakan untuk menambah pahala kita dan mungkin bisa menutupi puasa wajib kita yang pahalanya kurang sempurna.

Puasa makruh

Puasa makruh adalah puasa yang boleh saja kita kerjakan namun jika kita tinggalkan maka akan mendapat pahala. Salah satu puasa yang makruh untuk dilaksanakan adalah puasa pada hari jum'at sehari saja tanpa dibarengi di hari sebelum atau sesudahnya. Kecuali kalau kita mengqodho puasa Ramadhan, puasa nadzar atau puasa kafarat pada hari jum'at tersebut maka tidak termasuk makruh. Atau kalau sedang puasa Daud dan kebetulan kena hari jum'at maka juga tidak termasuk makruh.

Puasa haram

Puasa-puasa yang termasuk ke dalam hukum haram untuk dikerjakan adalah:
  1. Puasa di dua hari raya, yaitu Idul Fitri (1 Syawal) dan Idul Adha (10 Dzulhijjah).
  2. Hari tasyrik, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.
  3. Puasa setiap hari atau sepanjang tahun atau selamanya.
  4. Puasa sunnah yang dilakukan seorang isteri tanpa izin dari suaminya.

Puasa Ramadhan

Bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat kewajiban melaksanakan puasa Ramadhan ini maka dia wajib untuk melaksanakannya, syarat-syaratnya yaitu:
  • Beragama Islam
  • Baligh dan berakal
  • Suci atau tidak sedang haid dan nifas
  • Memiliki kekuatan (mampu)
Dan syarat sahnya puasa Ramadhan yaitu:
  • Beragama Islam
  • Mumayyiz artinya bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk.
  • Suci atau tidak sedang haid atau nifas
  • Tidak dilakukan di hari-hari yang di larang atau di luar bulan Ramadhan
Dan rukun puasa yaitu:
  • Berniat untuk puasa Ramadhan. Niat ini bisa dilakukan sejak terbenamnya matahari sampai sebelum fajar (subuh).
  • Meninggalkan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (magrib).
Pengertian puasa Ramadhan sama saja dengan pengertian puasa di atas hanya saja puasa Ramadhan ini dilakukan pada satu bulan penuh Ramadhan dengan hukumnya yang wajib untuk dilaksanakan oleh orang-orang yang telah memenuhi syarat puasa dan syarat sah puasa Ramadhan.

Di dalam puasa Ramadhan ada orang-orang yang diberi keringanan untuk tidak melaksanakannya, yaitu:
  • Orang yang sedang sakit. Boleh tidak berpuasa selama dia sakit atau jika berpuasa dapat memperparah atau memperlambat kesembuhannya, namun wajib menggantinya di luar bulan Ramadhan nanti sebanyak hari yang ditianggalkannya.
  • Wanita hamil dan menyusui. Bagi wanita yang sedang hamil atau sedang menyusui boleh tidak mengerjakan puasa jika itu dapat mengganggu perkembangan janin atau bayi yang disusuinya. Namun, dia wajib mengqadha puasa tersebut di lain hari disertai dengan membayar fidyah untuk setiap hari yang ditinggalkan.
  • Wanita yang sedang haid dan nifas. Wanita yang sedang haid ataupun sedang nifas tidak wajib berpuasa sampai dia kembali suci setelah masa haid dan nifasnya selesai. Dan dia wajib mengganti puasanya di hari lain diluar bulan Ramadhan.
  • Orang tua yang lemah. Orang tua yang sudah lanjut usia dan tidak mampu lagi melaksanakan puasa diberi Tuhan keringanan untuk tidak melaksanakannya namun wajib untuk membayarnya dengan fidyah yaitu memberi makan orang miskin, satu hari dengan 1 mudd atau setara dengan 565 gram/0,75 liter makanan pokok.
  • Musafir, yaitu orang yang sedang melakukan perjalanan jauh. Perjalanan jauh yang dimaksud adalah jika jarak perjalanannya memenuhi syarat diperbolehkannya melakukan shalat qasar, yang perginya pun harus dari sebelum fajar.
  • Para pekerja berat, contoh kuli bangunan, pekerja tambang atau kuli panggul di pasar. Pekerja berat ini diperbolehkan tidak puasa jika dapat membuatnya lemah dalam bekerja dan tidak kuat melakukan puasa, namun wajib menggantinya di lain hari saat dia libur atau tidak bekerja.

Manfaat puasa

Selain megetahui pengertian puasa, kita juga perlu mengetahui manfaat puasa supaya kita dapat menjalani puasa lebih ikhlas karena mengetahui kebaikan puasa tersebut.

Ada beberapa manfaat puasa berkaitan dengan kesehatan yang bisa kita dapatkan, menurut Prof. hembing Wijaya Kusuma:
  • Memberikan kesempatan alat pencernaan tubuh kita untuk beristirahat.
  • Menambah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.
  • Meningkatkan daya serap makanan.
  • Menghilangkan racun dan kotoran yang telah banyak menempel selama sebelum kita berpuasa.
  • Membuat kulit menjadi lebih sehat dan kembali berseri.
Plusnya lagi nih sobat, untuk puasa Ramadhan kita bisa mendapatkan timbangan berat badan yang turun, jadi bisa melakukan ibadah dengan bonus badan lebih langsing tanpa harus melakukan diet khusus.

Hakikat puasa

Hikmah puasa yang dapat diambil diantaranya adalah:
  • Sarana untuk menjadikan kita menjadi hamba yang lebih bertaqwa.
  • Mengajari kita untuk menjadi orang yang lebih sabar dan jujur dalam hidup.
  • Meningkatkan rasa kasih sayang terhadap antar sesama.
  • Mendidik kita memiliki akhlak yang lebih baik.
Puasa merupakan ibadah yang hanya diri kita sendiri dan Allah yang tau. Orang lain tidak dapat mengetahui kebenaran apakah kita puasa ataupun tidak, misalnya di bulan Ramadhan saat orang muslim wajib berpuasa kalau kita tidak puasa terus bilang bahwa kita puasa orang lain mungkin percaya saja. Atau misalnya kita sedang puasa sunnah, terus kita tidak bilang sama siapapun kalau kita sedang puasa orang lainpun tidak akan tau.

Dalam suasana Ramadhan pasti sobat sering atau pernah melihat warung-warung makanan yang tutup pada siang hari, walaupun sebenarnya tetap buka hanya saja diberikan tutup supaya di dalamnya tidak terlihat jelas, katanya untuk menghormati bulan puasa. Menurut saya pribadi hal tersebut tidak harus dilakukan. Karena sesuai dengan pengertian puasa bahwa saat kita berpuasa kita harus menahan diri, bukan hanya dari lapar, dahaga, dan hawa nafsu namun juga dari segala hal yang memberikan godaan-godaan terhadap ibadah yang sedang kita jalankan. Tidak masalah apakah nanti yang akan berada di warung makan itu orang islam ataupun yang bukan islam, orang non muslim yang tidak berpuasa merupakan hak mereka mau makan atau minum kenapa ibadah kita harus membuat orang lain risih untuk melakukan kebiasaan biasa yang mereka lakukan. Jadi, ibadah kita biar berjalan baik dengan tanpa harus mengganggu hak orang lain. Orang lain pun kalau ingin menghormati ibadah yang kita lakukan bisa dengan cara tidak mengajak kepada hal-hal yang membatalkan puasa atau menghilangkan pahala puasa.

Semoga di bulan puasa kali ini, kita bisa menjadi muslim yang lebih baik ya sobat dan dapat melaksanakan puasa lebih baik lagi, sehingga puasa kita menjadi benar dan diterima oleh Allah SWT agar puasa yang kita lakukan bukan puasa yang sia-sia yang hanya mendapatkan haus dan lapar semata namun puasa yang dapat mengantarkan kita kepada derajat orang yang bertaqwa.

Demikian artikel yang berjudul Sudah Benarkah Puasamu? Kenali Pengertian Puasa Lebih Dalam ini, semoga memberikan manfaat untuk kita semua. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan dalam artikel ini mohon sobat untuk memberikan koreksi pada kolom komentar ya supaya artikel ini bisa diperbaiki.

loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Sudah Benarkah Puasamu? Kenali Pengertian Puasa Lebih Dalam yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat