Manfaat / Fungsi Label Di Blogger + Cara Membuat Label Di Blogger - BBT: 4 Manfaat / fungsi label di blogger (penting diketahui), cara membuat label serta cara memasang widget label.

Manfaat / Fungsi Label Di Blogger + Cara Membuat Label Di Blogger

Manfaat / Fungsi Label Di Blogger + Cara Membuat Label Di Blogger
Label di blogger merupakan salah satu hal yang sangat perlu kita perhatikan, bahkan bisa dikatakan penting ada pada blog blogger.

Sebagian blogger pemula mungkin belum menyadari pentingnya label  pada setiap artikel yang mereka tulis di blogger, atau mungkin tidak menyadari keberadaan label tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan beberapa manfaat / fungsi label di blogger serta cara membuat label di blogger.

Di sini saya akan membahas manfaat label di blogger terlebih dahulu sebelum membahas bagaimana cara membuat label di blogger.

4 Manfaat / Fungsi Label Di Blogger

1. Untuk Mengelompokkan Artikel Pada 1 Topik / Menu

Label di blogger berfungsi untuk mengelompokkan beberapa artikel dalam 1 topik / menu, sehingga memudahkan kita maupun pengunjung untuk menemukan artikel yang pas dengan topik tertentu.

Contoh :
Kita memiliki blog dengan beberapa topik pembahasan yaitu : blogger tutorial, tips komputer, download software, android, dsb. Sedangkan seluruh artikel yang kita tulis tidak memiliki label, maka bagaimana kita bisa mengelompokkan artikel pada pembahasan tertentu.
Kecuali jika kita mau membuat beberapa halaman khusus yang kita isi secara manual untuk membuat list artikel dengan masing-masing topik.

Lain halnya jika setiap artikel yang kita tulis memiliki label, maka kita tidak perlu repot-repot membuat beberapa halaman khusus untuk mengelompokkan artikel yang ada di blog kita.

Karena setiap label yang kita buat akan secara otomatis membuat halaman khusus untuk label tersebut.

Contoh nyata :
Blog ini berisi artikel dengan beberapa topik, dan salah satu topik yang ada di blog ini adalah pembahasan seputar blogger, maka saya membuat label dengan nama blogger, maka seluruh artikel yang saya tulis tentang #blogger akan memiliki halaman khusus yaitu : blogger
Yang mana halaman blogger tersebut memiliki link khusus yaitu : http://www.blogbacatulis.com/search/label/blogger

Nah link itu lah yang nantinya bisa kita gunakan pada menu yang ada di blog kita, sehingga ketika orang klik menu tersebut akan dibawa ke halaman yang menampilkan beberapa artikel yang masuk dalam label blogger.

Untuk lebih mudah menemukan link label silakan baca pada pembahasan cara memasang widget label di bawah nanti.
Jadi jika ingin mengelompokkan artikel pada 1 menu maka blog kita harus memiliki label.

2. Membuat Related Post Di Blogger Maka Post Harus Memiliki Label

Sudah tahu kan apa itu related post ?

Saya yakin sobat sudah tahu apa itu related post, yaitu widget yang fungsinya untuk menampilkan beberapa artikel yang berhubungan dengan artikel yang dibaca pengunjung, yang mana biasanya diletakkan di bawah posting.

Nah untuk menampilkan related post tersebut memerlukan label, bagaimana kita bisa menampilkan related post (artikel terkait) jika artikel yang kita tulis tidak memiliki label.
Maka label sangat penting jika sobat ingin membuat related post. dang jangan heran jika script related post tidak jalan pada blog yang tidak memiliki label.

Teman saya pernah nanya sama saya, yang intinya dia bingung kenapa related post di blog dia tidak keluar, padahal script sudah dipasang dengan benar. Dan setelah saya cek blog-nya, ternyata artikel yang ada di blog dia semua tidak memiliki label, jadi saya sarankan untuk membuat label untuk semua artikelnya dan akhirnya related post terlihat.

3. Membuat Blog Gaya Magazine Dengan Recent Post By Label Di Blogger

Untuk membuat blog gaya magazine biasanya kita memerlukan script recent post by label.

Sama halnya seperti script related post, script recent post by label juga memerlukan label, dilihat dari namanya saja recent post by label, jadi sudah tentu berhubungan dengan yang namanya label.

Jadi jika sobat ingin membuat blog gaya magazine, maka jangan abaikan label.

4. Untuk Menambahkan Beberapa Ekspresi Pada Template Blogger

Ini adalah terobosan terbaru di blogger, yaitu kita bisa menambahkan kode tertentu pada template blogger yang kita gunakan untuk label tertentu yang ada pada blog kita.

Misalnya kita ingin menambahkan icon video pada pos tentang video yang ada di blog kita, dsb.

Untuk pengenalan ini blogger menulisnya dalam artikel : More custom template flexibility.

Cara Membuat Label Di Blogger

Untuk membuat label di blogger bukanlah hal yang sulit kok, mungkin mereka yang mengosongkan label pada posting yang mereka tulis karena belum tahu manfaat / fungsi label yang ada di blogger.

Jika sobat sudah terlanjur membuat beberapa artikel yang tidak memiliki label maka cara termudah untuk menambahkan label pada masing-masing artikel adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke Dasbor blogger
  2. Buka halaman Pos
  3. Beri centang pada pos yang ingin di beri label (atau centang beberapa jika akan dimasukkan dalam 1 label)
  4. Klik icon (label) kemudian klik menu Label baru...
  5. Pada jendela baru silakan tulis nama label yang sobat inginkan kemudian klik Oke
  6. Ulang lagi langkah-langkah tersebut sampai semua Pos memiliki label
manfaat membuat label

Menambahkan Label Pada Artikel Baru

Adapun cara menambahkan label pada artikel baru yang akan kita tulis adalah sebagai berikut :
  • Buat artikel baru dengan cara klik tombol Entri baru
  • Tulis artikel seperti biasanya
  • Klik tab Labels kemudian tulis nama label yang sobat inginkan
  • Jika dirasa sudah semua silakan Terbitkan artikel tersebut.
fungsi membuat label di blogger

Cara Memasang Widget Label Di Blogger

Apabila semua artikel / pos yang ada di blog blogger kita memiliki label, maka kita dapat memasang widget label, yang fungsinya untuk menampilkan seluruh label atau sebagian label yang ada di blog kita seusai pengaturan yang kita inginkan.

Selain berfungsi untuk menampilkan label - label yang ada pada blog kita, widget ini juga dapat mempermudah kita untuk mengambil link label tertentu jika kita ingin memasang link label tersebut pada menu yang ada di blog kita.

Memasang widget label di blogger juga mudah kok, caranya :
  • Pada Dasbor blogger buka halaman Tata Letak
  • Klik Tambahkan Gadget / Add a Gadget pada posis yang sobat inginkan.
  • Pilih gadget Labels
  • Kemudian atur widget tersebut sesuai keinginan sobat
  • Jika sudah selesai silakan klik Simpan / Save.
Setelah widget labels terpasang pada blog sobat, maka langkah yang harus dilakukan untuk mengambil link label tertentu adalah membuka blog yang sudah memiliki widget label tadi.

Cari widget label, maka sobat akan menemukan list label yang ada, klik kanan pada label yang ingin sobat ambil linknya, setelah itu pilih Copy Link / Salin Lokasi Tautan, kemudian silakan paste link label tersebut misalnya pada menu.
cara mengambil link label
Nah itulah manfaat / fungsi label di blogger serta cara membuatnya, bagi yang biasanya mengosongkan label, maka mulai saat ini isi label tersebut dengan nama label yang sesuai dengan artikel.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Manfaat / Fungsi Label Di Blogger + Cara Membuat Label Di Blogger yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat