11 Tips Merawat Printer Agar Awet Dan Tahan Lama - BBT: 11 tips merawat printer agar awet dan tahan lama, ketahui bagaimana cara merawat printer agar lebih awet dan tahan lama digunakan

11 Tips Merawat Printer Agar Awet Dan Tahan Lama

11 Tips Merawat Printer Agar Awet Dan Tahan Lama
Bagi kita yang memiliki printer sudah tentu ingin memiliki printer yang awet dan tahan lama, oleh karena itu kita perlu mengetahui bagaimana cara merawat printer agar awet dan tahan lama.

Dengan mengetahui beberapa tips merawat printer ini maka kita dapat menghemat untuk biaya servis printer beberapa %, walaupun sebenarnya kerusakan pada printer tidak dapat kita hindari yang mungkin oleh disebabkan faktor usia printer dan lain sebagainya, namun setidaknya kita dapat memperlambat krusakan tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan 11 tips merawat printer agar lebih awet dan tahan lama, setidaknya mengurangi kunjungan kita ke tukang service printer akibat error printer yang sepele / biasa.

Tips / Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet Serta Tahan Lama 

Berikut 11 tips merawat printer agar awet dan tahan lama yang bisa sobat terapkan :
  1. Gunakan selalu printer setidaknya kita harus menggunakannya 1 kali dalam 1 minggu untuk melakukan aktivitas print 3 - 7 lembar kertas , atau paling lama 1 bulan 1 kali, ini tujuannya agar tinta tetap dapat mengalir dengan baik dan dapat membasahi nozzle (tempat keluarnya tinta). Jika printer terlalu lama tidak digunakan maka bisa mengakibatkan tinta di dalam Catridge membeku / rusak.
  2. Selalu perhatikan isi tinta printer, jika isi tinta printer dirasa sudah hampir habis maka segera isi dan jangan sampai menunggu tinta sudah habis karena jika tinta sudah habis dan tetap melakukan aktivitas print maka bisa mengakibatkan catridge menjadi rusak. Untuk mengetahui bagaimana tinta sudah hampir habis bagi yang tidak menggunakan infus maka kita bisa melihat dari hasil print, jika hasil print sudah agak buram (tidak se jelas biasanya, maka itu artinya tinta sudah hampir habis). Baca : Cara Mengisi Tinta Printer.
  3. Jangan menyentuh kuningan belakang catridge (bagian elektrik catridge) dengan jari, karena ini juga dapat membuat catridge menjadi error / rusak. Jika ingin membersihkan nya maka bersihkan menggunakan tisu halus dan bersih.
  4. Selalu matikan printer jika sudah tidak digunakan lagi, tapi matikan dengan cara yang seharusnya, yaitu mematikannya dengan menggunakan tombol On / Off yang sudah disediakan, jangan matikan dengan cara mencabut kabel power, karena dengan mematikan printer menggunakan tombol yang sudah disediakan maka printer akan melakukan pembersihan permukaan head sebelum printer mati. Dan jika printer sudah mati maka cabut kabel power dari aliran listrik.
  5. Gunakan kertas yang bersih dan benar-benar kring, karena jika kertas yang digunakan tidak bersih dapat mengakibatkan roll penarik menjadi kitir dan lama kelamaan akan membuat roll penarik jadi aus, dan jika menggunakan kertas yang tidak terlalu kering (agak lembap) dapat mengakibatkan roll penarik kertas tidak dapat menarik kertas bahkan kertas bisa sobek dan tertahan di roll penarik kertas.
  6. Perhatikan penataan kertas untuk di print, jika penataan kertas tidak rapi maka dapat mengakibatkan kertas tidak tertarik dengan benar atau kertas tertarik lebih dari 1 lembar, dan ini juga dapat membuat printer menjadi error.
  7. Sebainya gunakan fitur Clean Head pada print properties selalu saat pertama kita menghidupkan dan ingin menggunakan printer, ini tujuannya untuk membuat tinta printer mengalir dengan normal, sehingga saat kita melakukan print dokumen maka tinta sudah mengalir dalam keadaan normal.
  8. Gunakan tinta printer yang telah direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkualitas, serta jangan gunakan / campur tinta dengan merek yang berbeda-beda, karena mencampur tinta dengan merek yang berbeda dapat membuat warna hasil print menjadi tidak semestinya dan dapat menyebabkan catridge jadi rusak. Jadi jika sudah menggunakan tinta printer merek A (misal) maka selalu gunakan merek A.
  9. Jaga selalu kebersihan printer, dan hindarkan printer dari debu dan benda cair seperti air.
  10. Tutup selalu tempat tempat untuk menaruh kertas (penarik kertas) dengan tutup yang telah disediakan pada printer (jika penutup tidak ada / sudah hilang gunakan penutup yang di anggap dapat menutupi lubang tersebut), ini agar tidak ada benda asing masuk ke tempat penarik kertas tersebut, karena jika ada benda asing masuk (misalnya seperti pensil, uang logam, sampah, binatang kecil, dsb) maka dapat membuat printer menjadi error / tidak dapat menarik kertas / kertas tertarik cuma sebagian saja akibat terhalang benda asing yang masuk tersebut.
  11. Jangan bongkar printer jika belum ahli, karena jika ada kesalahan sedikit maka printer bisa menjadi error.
Nah itulah 11 cara merawat printer agar lebih awet serta tahan lama, mudah mudahan 11 tips merawat printer di atas dapat bermanfaat dan dapat membuat printer sobat lebih awet dan tahan lama, setidaknya mengurangi kunjungan sobat ke tukang serivice printer :-)

Cara Reset PRINTER CANON ip2770

Bagi sobat yang memiliki printer canon ip2770 sebaiknya mengetahui bagaimana cara reset printer ini, karena hal ini pasti terjadi, dan dalam jangka waktu tertentu biasanya printer minta reset menguunakan cara ini, untuk lebih detail silakan Baca : Cara Reset PRINTER CANON ip2770

Driver Printer CANON PIXMA ip2770 Windows 8/7/Vista/XP

Driver sangat penting bagi kita yang memiliki printer, karena tanpa driver kita tidak dapat menjalankan printer menggunakan komputer / laptop, jadi sebaiknya kita menyimpan driver printer, jika sobat ingin memiliki cadangan driver printer canon ip2770 silakan buka halaman : Download Driver Printer CANON PIXMA ip2770 Windows 8/7/Vista/XP
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang 11 Tips Merawat Printer Agar Awet Dan Tahan Lama yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat