Tips Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat - BBT: 10 cara berikut ini merupakan tips tentang bagaimana cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat

Tips Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat

Tips Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat
Para muslimah yang memakai hijab dalam kesehariannya tentu harus melakukan perawatan ekstra dibanding mereka yang tidak menggunakan hijab dalam aktifitas sehari-hari. Seperti yang kita ketahui sendiri untuk merawat rambut agar tetap sehat meskipun tidak mengenakan hijab saja sudah harus melakukan langkah-langkah tertentu apalagi buat para wanita yang berhijab perawatan rambutpun membutuhkan langkah yang lebih spesial. Tapi bukan berarti perawatan yang ekstra tersebut malah jadi membuat susah para hijaber, karena sebenarnya bukan berarti cara merawat rambut berhijab itu lebih susah hanya saja perlu ekstra perhatiannya dalam melakukan perawatan rambut berhijab. Khusus untuk sobat blogbacatulis yang mengenakan hijab, kali ini saya akan berbagi tentang tips bagaimana cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat.

Sobat blogbacatulis, rambut yang selalu tertutup dengan hijab bukan berarti tidak harus diperhatikan ya, malah sebaliknya, kita harus merawatnya dengan tepat agar berbagai masalah kesehatan rambut tidak menyerang rambut dan menghilangkan keindahan rambut kita walaupun rambut tersebut memang berada di balik hijab. Tapi Tuhan itu kan Maha Indah dan menyukai keindahan, sehingga sepatutnya
lah kita tetap menjaga dan merawat dengan baik apa yang telah dikaruniakan Tuhan terhadap kita, salah satunya adalah rambut. Apalagi bagi seorang wanita, rambut merupakan mahkota wanita. Seorang wanita muslimah memang diberi aturan untuk menutup aurat yang rambut juga merupakan bagian aurat tersebut, namun meskipun begitu bagi wanita yang telah memiliki suami yang notabene boleh melihat aurat isterinya maka tentu wanita itu harus menjaga kecantikannya dari ujung kaki sampai ujung rambut. Karena itulah sobat, meskipun berhijab rambut kita harus tetap sehat agar penampilan kita tetap cantik seutuhnya.

Dan berbagai masalah rambut yang sering terjadi terutama bagi wanita yang berhijab adalah masalah rambut lepek, gatal, apek, rontok dan ketombe. Dan bahkan yang tidak berhijab pun memiliki masalah-masalah rambut tersebut, apalagi yang memakai hijab, makanya kita harus ekstra memperhatikan rambut kita agar masalah-masalah rambut tersebut tidak bermunculan.

Jika kamu termasuk salah satu wanita berhijab dan sekarang memang sedang memiliki problem rambut yang seperti saya sebutkan tadi, ada baiknya kamu tetap membaca tips cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat dan bebas dari masalah rambut.

Tips cara merawat rambut berhijab untuk tetap sehat

Berikut ini tips mudah bagaimana merawat rambut yang selalu memakai hijab dalam kegiatan sehari-hari agar tetap sehat.
  • Pilih bahan hijab yang menyerap keringat.
Rambut dan kepala yang tertutup dalam waktu yang lama tentu kan banyak mengeluarkan keringat terutama jika saat cuaca sedang panas, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya kamu menggunakan hijab yang bahannya mudah menyerap keringat, misalnya saja kain katun atau kaos. Terkadang dalam pemakaian hijab jug kita memerlukan dalaman hijab, baik yang hanya dipakai dibagian kepalanya saja maupun yang menutup sampai ke bagian leher, nah untuk bahan dalaman ini juga jangan menggunakan bahan yang panas, jadi kamu harus bisa memilih bahan-bahan kain yang dapat dengan mudah menyerap keringat.
  • Pilih warna hijab yang lembut.
Warna hijab yang lembut dapat memberi efek sejuk sampai ke rambut.
  • Keramas dengan teratur.
Cuci rambut secara teratur agar rambut tetap bersih dan wangi. Kita harus tetap menjaga kebersihan rambut agar tidak menyebabkan munculnya ketombe dan bau apek yang mengganggu. Kamu bisa keramas 2 hari sekali atau 3x seminggu.
  • Pilih shampo yang tepat.
Gunakan shampo yang cocok, permasalahan rambut lepek, berketombe atau mudah rontok bisa jadi dikarenakan shampo yang tidak cocok dengan jenis kepala dan rambut kamu. Selain itu pilihlah shampo yang juga banyak mengandung vitamin.
  • Gunakan masker rambut.
Untuk menambah nutrisi pada rambut kita bisa memanjakan dan merawat rambut dengan menggunakan masker rambut. Sebaiknya gunakan masker rambut dari bahan alami untuk menghindari efek buruk dari berbagai bahan kimia yang mungkin ada jika kita menggunakan produk olahan pabrik.
Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut adalah lidah buaya, santan kelapa atau minyak zaitun.
  • Konsumsi makanan sehat.
Tambahan asupan nutrisi lainnya untuk rambut juga bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Pilihlah makanan yang memiliki banyak vitamin yang berguna bagi kesehatan rambut, misalnya saja yang mengandung vitamin B, C dan E.
  • Jangan memakai hijab saat rambut basah.
Rambut yang masih basah kemudian langsung ditutup dengan hijab merupakan salah satu penyebab munculnya masalah ketombe dan rambut rontok, dan juga bau apek, jadi hindarilah memakai hijab sewaktu rambut kamu masih basah. Setelah keramas sebaiknya kamu mengeringkan rambut terlebih dahulu baru mengenakan hijab, keringkanlah secara alami tanpa harus menepuk-nepuknya dengan handuk atau menggunakan pengering rambut listrik. Tapi jika sewaktu-waktu kamu memang dalam keadaan terburu-buru sehingga tidak punya waktu lagi untuk mengeringkan rambut secara alami, kamu boleh saja menggunakan bantuan hairdryer, tapi ingat untuk sewaktu-waktu saja ya jangan keseringan agar rambut kamu terhindar dari kekeringan dan bercabang.
  • Buat ikatan rambut yang sedikit longgar.
Menggelung rambut dengan kuat ataupun mengikatnya terlalu kencang saat berhijab bisa menyebabkan rambut menjadi mudah patah dan bercabang, sebaiknya ikatan rambut jangan dibuat terlalu kuat dan kencang atau solusi lainnya kamu bisa mengepang rambut dengan kepangan yang agak longgar, ini bisa bermanfaat agar udara bisa masuk sampai ke dalam bagian rambut atau kulit kepala.
  • Beri waktu istirahat pada rambut.
Saat kamu sedang berada di rumah kamu bisa mengistirahatkan rambut dengan tanpa mengenakan hijab dan menggeraikan rambut, ini gunanya untuk memberikan udara pada rambut dan kulit kepala agar bisa bernafas dengan lebih lega. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi kelembaban rambut agar tidak mudah muncul ketombe ataupun bau apek.
  • Rapikan rambut selalu.
Rapikan rambut sebelum maupun sesudah mengenakan hijab. Ini berguna untuk menjaga rambut tetap cantik. Gunakan sisir yang memiliki gigi jarang dan terbuat dari plastik untuk mengurasi kerontokan rambut.

Itu tadi sobat beberapa tips cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat. Intinya kita tidak perlu terbebani dalam merawat rambut berhijab, yang terpenting kebersihannya selalu terjaga dengan baik, sehingga kesehatan rambut pun juga akan baik dan kecantikan rambut tetap selalu terpancarkan meskipun tersimpan di balik hijab. Semoga artikel tips cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat ini bermanfaat ya sobat.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Tips Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat