Tutorial Sederhana Cara Menulis Dan Mengirim Email - BBT: Cara mudah dan sangat sederhana sekali tentang cara menulis dan mengirim email di gmail, hanya cukup

Tutorial Sederhana Cara Menulis Dan Mengirim Email

Tutorial Sederhana Cara Menulis Dan Mengirim Email
Pada zaman modern ini, tekhnologi sudah semakin maju dan berkembang, komunikasi juga semakin mudah dengan menggunakan tekhnologi yang serba canggih tersebut. Jarak bukan lagi menjadi penghalang untuk siapapun melakukan komunikasi. Jika dulu kita harus berkirim surat melalui pos untuk memberi kabar dan berita, namun kini hanya dalam waktu beberapa menit saja kabar berita yang ingin kita sampaikan sudah bisa dikirim dan diterima kepada orang yang dituju.

Telefon, Fax, berbagai media sosial yang tersedia contohnya seperti Facebook, Twitter, WA, serta media sosial lainnya dapat menjadi salah satu sarana kita untuk menjalin komunikasi terutama bagi orang yang jauh. Begitu pula Email, adalah merupakan salah satu alat komunikasi yang mempermudah dan mempercepat proses komunikasi yang kita inginkan. Namun begitu masih banyak orang yang belum tahu cara menulis dan mengirim Email.

Padahal kebanyakan orang sudah pernah membuat atau punya akun email, tapi sayangnya mereka tidak pernah menggunakannya karena biasanya email tersebut hanya dipakai untuk mendaftar dan membuka akun media sosial. Karena dari itu sobat, artikel kali ini saya akan membagikan tutorial sederhana cara menulis dan mengirim email, siapa tau di antara sobat blogbacatulis ini masih ada yang belum terlalu mengerti dalam penggunaan email. Namun sebelumnya ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang apa itu email dan juga fungsinya.

Pengertian Email dan Fungsinya
Email atau E-mail merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik, yaitu salah satu jenis layanan internet untuk mengirim atau menerima surat melalui elektronik.

Email bisa dikategorikan sebagai salah satu cara berkirim surat yang sangat mudah, cepat dan efisien. Karena hanya dengan menggunakan layanan internet kita bisa dengan segera dapat mengirim surat kepada seseorang, tanpa harus menunggu dalam waktu berhari-hari surat yang kita kirim sudah masuk ke inbox email yang kita tuju.

Beberapa kegunaan email adalah sebagai alat komunikasi yang cepat, mudah dan efisien; sebagai media informasi dari berbagai pelosok dunia karena kita bisa pelanggan informasi (subscriber) dari media yang kita tentukan; sebagai alat promosi. kita dapat mengirim promosi bisnis yang kita miliki ke daftar alamat email yang ada pada kontak kita atau daftar pelanggan kita; 

Ada beberapa fungsi atau kegunaan dari email yang dapat kita ambil, diantaranya:
  1. Sebagai alat komunikasi yang cepat, mudah dan efisien. Kita dapat mengirim surat, foto, gambar, ebook, video, dan lain-lain.
  2. Sebagai media informasi dari berbagai pelosok dunia karena kita bisa menjadi pelanggan informasi (subscriber) dari media yang kita tentukan.
  3. Sebagai alat promosi. Kita dapat mengirim promosi bisnis yang kita miliki ke daftar alamat email yang ada pada kontak kita atau daftar pelanggan kita.
  4. Untuk membuat blog atau wwebsite.
  5. Untuk mendaftar ke berbagai akun media sosial.

Cara menulis dan mengirim email

Sobat blogbacatulis, pada tutorial sederhana tentang cara menulis dan mengirim email ini saya menggunakan contoh email dari Gmail.com, jadi bagi yang memiliki email dari gmail.com silahkan semakin merapat ya, tapi sebenarnya untuk alamat email lainnya misalnya dari yahoo juga tidak jauh berbeda caranya hanya saja mungkin letaknya saja yang berbeda.

Namun sebelumnya ada beberapa istilah di dalam Email yang sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu, yaitu:
  • Sign Up/Daftar : Mendaftarkan diri (menjadi member)
  • Sign In/Masuk : Pemilik e-mail dapat masuk ke akun emailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
  • Compose/Tulis : Menulis surat baru
  • Inbox/Kotak Masuk : Surat yang masuk ke email
  • Starred/Berbintang : Memberi tanda bintang pada surat tententu yang kita inginkan, memudahkan dalam mencari di inbox.
  • To/Kepada : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
  • CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
  • BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
  • Subject/Subjek : Judul atau topik surat yang kita tulis
  • Draft/Draf : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
  • Sent Mail/Pesan Terkirim : Surat yang terkirim
  • Spam : Surat yang dikirimkan dalam jumlah banyak secara bertubi-tubi yang tanpa dikehendaki oleh penerimanya
  • Reply/Balas : Membalas surat yang diterima
  • Trash/Sampah : Melihat e-mail yang telah dihapus
  • Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
Nah, sekarang kita lanjut ke tutorial cara menulis dan mengirim email di gmail.
  • Buka alamat gmail.com
cara menggunakan email
  • Setelah halaman terbuka, masukkan alamat email kamu pada user, kemudian klik next/selanjutnya, lalu masukkan password email kamu kemudian klik next/selanjutnya lagi. Setelah itu tunggu loading untuk masuk ke email.
cara menulis email
  • Setelah kamu berada dalam email, lihat pada bagian kiri, disana terdapat berbagai pilihan fitur yang bisa kita gunakan. Untuk menulis surat, silahkan klik Compose/Tulis, maka akan terbuka layar kecil di pojok kanan bawah.
cara mengirim email
  • Pada bagian To / Kepada silahkan kamu masukkan alamat email yang dituju. Pada bagian Subject / Subjek bisa kamu tuliskan judul atau topik isi surat kamu, biasanya ini untuk mempermudah si penerima mengetahui tentang apa email yang kita kirim. Jika email tersebut merupakan email non formal sebenarnya boleh saja tanpa harus menuliskan subjeknya.
cara menulis dan mengirim email
  • Sekarang kamu bisa menulis isi surat. Berikut salah satu contoh cara menulis dan mengirim email. Jika ingin menambahkan file dokumen, gambar, atau video silahkan klik pada ikon yang ada pada bagian bawah.
cara mengirim email gmail
  • Kalau sudah selesai, silahkan klik send/kirim pada bagian bawah.Jika alamat email yang dituju tertulis dengan benar dan alamat emailnya memang benar/ada maka email yang kamu kirim akan langsung terkirim ke si penerima. Seperti pemberitahuan pada gambar berikut.
tutorial cara mengirim email
Sudah selesai cara menulis dan mengirimkan email. Sangat mudah sekali bukan.

Cara Membuat Email Di Gmail / Google Mail

Di sini saya akan menulistkan tutorial cara membuat email di gmail, yaitu salah satu produk Google yang bisa kita gunakan secara gratis, selain itu dengan membuat akun email di Gmail kita tidak hanya memiliki email saja.......
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Tutorial Sederhana Cara Menulis Dan Mengirim Email yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat