Tips Cara Memasak Daging Biar Empuk Dengan Cepat - BBT: Ternyata cara memasak daging biar cepat empuk dan lunak hanya dengan menggunakan bahan alami ini

Tips Cara Memasak Daging Biar Empuk Dengan Cepat

Cara memasak daging - Biar empuk dengan cepat.Terdapat banyak sekali aneka masakan dengan olahan daging, baik itu menggunakan daging sapi ataupun daging kambing. Daging bisa dimasak dengan berbagai jenis masakan seperti direbus, dioseng, dipanggang atau dibakar. Rasa daging tersebut pun akan semakin terasa nikmat ketika dicampur dengan bumbu-bumbu masakan.

Tapi akan sayang sekali jika rasa daging dan bumbu yang enak tersebut tertutupi karena daging yang keras atau alot, sehingga walaupun rasanya enak tapi malah bisa jadi males makannya karena daging yang alot tadi. Emang gitu, ya? Ya, iyalah...makanya kita harus tau bagaimana tips cara membuat daging sapi menjadi empuk saat dimasak.

Agar masakan kita tidak sia-sia dan tidak terabaikan percuma karena masalah daging keras tersebut, kali ini akan saya bagikan berbagai tips cara memasak daging biar cepat empuk dengan cara yang mudah. Sebenarnya ada salah satu cara yang paling mudah untuk kita lakukan agar daging sapi/kambing menjadi empuk yaitu dengan cara merebusnya dalam waktu yang cukup lama. Tapi kalau kita mau bikin steak, daging panggang atau bakar atau membuat sate, apa mesti harus direbus lama dulu, apalagi kalau seandainya kita mau menyantapnya dengan segera. Keburu keroncongan deh nanti perutnya, hihihi...

Untuk membuat daging agar cepat empuk saat dimasak, kita dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di dekat kita sendiri.
cara memasak daging biar empuk

Cara membuat daging empuk saat dimasak

1. Potong daging melintang dari arah seratnya
Caranya: potong daging melawan arah urat daging, kemudian potong daging tersebut melawan arah serat-serat dagingnya. Cara ini akan mempermudah daging menjadi empuk saat dimasak.
cara masak daging agar empuk

2. Dibungkus dengan daun pepaya
Caranya: ambil beberapa lembar daun pepaya, bersihkan terlebih dahulu kemudian remas dan memarkan tulang daunnya sampai getahnya bermunculan, bungkus rapat daging dan diamkan sekitar 30 menit, kemudian cuci. Kandungan enzim papain dalam daun pepaya dapat membantu mengempukkan daging lebih cepat.

3. Rendam dalam parutan nanas
Caranya: pilih buah nanas yang masih muda lalu parut, rendam daging dalam parutan nanas tersebut kurang lebih 4-5 menit saja. Tapi yang perlu kamu perhatikan jangan terlau banyak menggunakan nanas dan jangan terlalu lama merendam, karena nanas memiliki rasa yang cukup kuat sehingga bisa saja dapat mengubah aroma dan rasa daging itu sendiri.

4. Rendam dengan kulit pisang
Caranya: cuci bersih kulit pisang kemudian masukkan ke dalam panci pemanggang atau oven tempat daging di masak. Kulit pisang dapat membantu proses pelunakkan daging serta tidak merubah citarasa dari daging tersebut, cara ini sangat cocok untuk memasak daging dengan cara dipanggang.

5. Rendam dengan soda kue
Caranya: campurkan satu kilo daging dengan satu sendok makan soda kue, aduk-aduk sampai merata ke seluruh daging lalu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, kemudian cuci bersih daging sebelum dimasak.

6. Rendam daam teh hitam
Caranya: seduh 1-2 gelas teh hitam pekat, diamkan sampai dingin kemudian rendam daging selama dalam seduhan teh hitam tersebut dan biarkan selama beberapa menit.

7. Baluri dengan buah kiwi
Caranya: iris-iris tipis buah kiwi dan letakkan di atas permukaan daging, tutupi daging dengan merata. Kandungan enzim actinidin yang ada pada kiwi juga dapat membantu membuat daging menjadi lebih cepat lunak dan empuk.

8. Tambahkan daun nangka saat memasak
Caranya: tambahkan beberapa helai daun nangka dalam masakan daging yang sedang dimasak. Penggunaan daun nangka tidak akan mempengaruhi rasa dan dapat membantu daging menjadi lebih cepat empuk, cara ini bisa digunakan untuk memasak daging seperti membuat gulai.

9. Pukul-pukul daging
Caranya: pukul-pukul permukaan daging secara merata menggunakan pemukul khusus daging sampai daging tampak sedikit menipis, setelah itu kamu bisa memasak daging sesuai selera.

Demikian tadi sobat beberapa tips cara membuat daging menjadi cepat empuk dan lunak saat dimasak. Seperti yang saya katakan sebelumnya, cara melunakkan daging di atas bisa kamu pilih salah satu caranya ataupun bisa kamu kombinasikan agar proses pengempukkan daging tersebut bisa lebih cepat.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Tips Cara Memasak Daging Biar Empuk Dengan Cepat yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat