Cara Mengetahui Ciri Masa Subur Wanita - BBT: Untuk mengetahui masa subur wanita bisa melihat dari beberapa tanda pada fisik, yaitu adanya perubahan pada

Cara Mengetahui Ciri Masa Subur Wanita

cara untuk mengetahui masa subur wanita
Masa subur atau ovulasi merupakan suatu masa dalam siklus menstruasi wanita yang ketika itu terdapat sel telur (ovum) yang sudah siap untuk dibuahi. Sehingga jika dalam masa subur ini terdapat pertemuan antara sperma dan ovum, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan jauh lebih besar. Lalu bagaimana mengetahui masa subur wanita?

Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur, salah satunya adalah dengan cara menghitung siklus menstruasi untuk menentukan masa subur, baca cara mudah menghitung masa subur wanita. Dan cara lain untuk mengetahui masa subur adalah dengan memperhatikan ciri-ciri wanita yang sedang dalam masa subur.

Bagi sobat yang saat ini mungkin sedang memprogramkan kehamilan ada baiknya untuk mengetahui tentang ciri masa subur, sehingga program yang sedang sobat jalani akan memiliki kemungkinan yang lebih besar memperoleh keberhasilan.

Beberapa ciri yang biasanya muncul ketika wanita sedang berada dalam masa subur bisa kita ketahui dengan mudah. Kadang gejala-gejala tertentu yang kita rasakan atau alami setiap bulannya malah tidak kita sadari atau mungkin tidak kita ketahui bahwa itu sebenarnya adalah ciri dari masa subur wanita.

Cara mengetahui masa subur wanita

Untuk mengetahui masa subur wanita kita bisa melihat dari beberapa ciri berikut ini:

Peningkatan suhu basal tubuh

Yang dimaksud dengan suhu basal tubuh yaitu dimana suhu tubuh berada dalam kondisi istirahat penuh, dan ketika wanita dalam masa subur suhu basal tubuh ini akan mengalami peningkatan, biasanya berkisar antara 0,2°-0,5° celcius. Peningkatan suhu basal tubuh ini biasanya menetap selama 3 hari. Peningkatannya berkisar di angka 0,2 - 0,5° Celcius. Suhu itu disebut sebagai suhu basal tubuh, yaitu suhu tubuh dalam kondisi istirahat penuh. Peningkatan suhu tubuh terjadi karena produksi hormon progesteron yang muncul segera setelah ovulasi. Pemeriksaan meliputi pengukuran suhu tubuh setiap pagi pada waktu bangun tidur, dan dicatat pada suatu grafik khusus (bisa didapatkan dari dokter). Pengukuran biasanya dilakukan selama 3 bulan. Cara mengukur sendiri suhu basal tubuh:
Untuk melakukan pengukuran suhu basal tubuh sebaiknya dilakukan langsung setelah bangun tidur, sebelum bangkit dari tempat tidur dan melakukan aktifitas apapun.

Pengukuran biasanya dilakukan selama 3 bulan untuk mengetahui dengan pasti berapa suhu basal normal kita yang sebenarnya. Lakukan pengukuran menggunakan termometer yang sudah dibersihkan menggunakan air dingin dan kapas. Letakkan termometer di bawah lidah dengan bibir tertutup, sebaiknya tetap berbaring selama melakukan pengukuran dengan waktu kurang lebih 5 menit. Setelah selesai pengukuran catat berapa suhu basal tubuh. Jika sobat sedang dalam kondisi kurang fit misalnya karena demam, stress, tidur larut malam, juga harus menjadi dicatat ya sobat.

Adanya cairan serviks

Pada saat subur, wanita biasanya akan mengeluarkan cairan serviks, yaitu cairan seperti lendir yang mirip dengan putih telur. Cek elastisitas lendir dengan menjauhkan telunjuk dari ibu jari. Jika lendir tidak putus atau elastis, berarti saat itu sedang terjadi masa subur. Volume lendir yang lebih banyak dan kekentalannya yang berbeda sebetulnya dapat juga dirasakan.

Mengalami nyeri atau kram perut

Kram perut atau nyeri biasanya dialami wanita ketika menjelang haid atau sedang haid, namun ketika seorang wanita dalam masa subur juga ada kemungkinan mengalami kram perut ini dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon ketika menjelang ovulasi.

Munculnya flek

Terkadang juga ada munculnya flek flek darah yang biasanya didapati tertinggal di celana dalam.

Emosi yang lebih sensitif

Bukan hanya saat sedang menstruasi wanita akan lebih moody, tapi ternyata saat sedang masa subur pun wanita akan memiliki emosi yang cenderung lebih sensitif dari biasanya.

Tubuh dan organ reproduksi terasa membengkak

Ketika sedang dalam masa subur pembuluh darah pada organ akan terisi penuh oleh darah dan membuat organ reproduksi lebih membesar sehingga suatu ketika saat wanita dalam masa subur mungkin akan merasakan tubuh terasa agak sedikit membengkak, misalnya saja merasa celana dalam terasa lebih sempit dari biasanya.

Perubahan posisi mulut rahim

Mulut rahim akan mengalami perubahan posisi saat dalam masa subur. Bahkan bisa dijangkau dengan jari. Jika diraba akan terasa lebih lunak dari saat hari-hari di luar masa subur.

Payudara menjadi lebih lunak

Hal ini terjadi karena dengan adanya masa subur maka tubuh akan siap dengan proses kehamilan dan saat melahirkan, sehingga telah siap pula untuk memproduksi ASI.

Cara lainnya untuk mengetahui masa subur wanita adalah dengan menggunakan alat tes ovulasi. Alat tes ovulasi ini memiliki kegunaan yang kurang lebih sama dengan alat tes kehamilan, dan hasil uji dari tes ovulasi ini juga memiliki kevalidan yang cukup baik sehingga tidak perlu diragukan lagi.
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- All Rights Reserved. Powered by Blogger. Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Cara Mengetahui Ciri Masa Subur Wanita yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat