7 Rahasia Sukses Menguasai Speaking Bahasa Inggris #1 - BBT: Panduan blogger untuk pemula - tutorial jilbab / hijab, download aplikasi, software, kecantikan, kesehatan, silabus, rpp, KTSP, CPNS, mp3, video

7 Rahasia Sukses Menguasai Speaking Bahasa Inggris #1

rahasia sukses lancar speaking
Dalam menguasai bahasa Inggris ada yang aktif ada juga yang pasif. Aktif berbahasa Inggris artinya mampu memahami pembicaraan orang lain dan mampu berbicara dengan lancar, sementara yang menguasai secara pasif hanya mampu mengerti apa yang ditangkapnya namun tidak lancar dalam mengeluarkannya artinya tidak lancar dalam berbicaranya atau speaking.

Terkadang seseorang yang sudah sangat menguasai grammar bahasa Inggris namun masih merasa canggung dalam speaking atau masih berpikir ketika mengeluarkan suara, itu berarti dia masih belum lancar dalam hal speaking. Lalu bagaimana caranya agar bisa menguasai speaking dengan baik? Inilah 7 rahasia sukses menguasai speaking bahasa Inggris.

Menurut A.J. Hoge, seorang pelatih bahasa Inggris dan pembicara pengembangan karir internasional, mengatakan ada 7 rahasia atau cara yang bisa kita terapkan untuk menguasai speaking bahasa Inggris dengan mudah. Dan inilah rahasianya.

7 rahasia sukses menguasai speaking dengan lancar

1. Ingat frase bukan kosakata

Perbanyak kosakata bahasa Inggris melalui frase bukan per-satu kata. Frase adalah kumpulan dari kata-kata. Kita bisa mengingat kata bahasa Inggris melalui bentuk frase ataupun kalimat. Biasanya kita mengingat atau menghafal kata bahasa Inggris melalui deretan daftar kata-kata yang terdapat di buku bahasa Inggris ataupun daftar kosakata yang kita buat sendiri di buku catatan kita. Nah, sekarang kita harus mengubah cara tersebut. Menurut Hoge, menghafal atau mengingat kata secara individual itu tidak akan banyak membantu kita dalam melakukan speaking, karena akan terlalu banyak yang kita ingat nantinya, misalnya kata makan, jika yang kita hafal hanya satu kata makan itu saja maka yang harus kita ingatkan adalah to eat, kemudian jika verb bentuk keduanya adalah ate, dan jika harus menggunakan verb bentuk ketiganya adalah eaten. Hal ini menyebabkan kita terlalu lama berfikir saat kita akan berbicara dalam bahasa Inggris.

Sedangkan jika yang kita ingat atau hafalkan adalah dalam bentuk frase, maka yang akan kita ingat adalah penggunaan dari kata makan tersebut. Namun harus diperhatikan juga kapan waktu terjadinya di dalam kalimat tersebut.. Contoh: eat rice = makan nasi, He eats rice = dia makan nasi.

Jadi, kalau sobat ingin mencatat hafalan kata bahasa Inggris, buatlah catatan tentang frase ataupun full kalimat dan tulis juga darimana kita mendapatkan frase atau kalimat tersebut. Kalau kita mendapatkannya dari sebuah cerita maka tulis keterangannya (karena kalau bentuk cerita biasanya akan menggunakan bentuk past), atau misalnya kita mendapatkannya dari berita maka tulis saja keterangannya. Ini akan membantu kita mengingat kata-kata yang dipakai jika kita mengungkapkan sesuatu yang sudah lewat, saat ini, ataupun akan datang. Dan kita tidak harus memikirkan jika kita berbicara tentang sesuatu yang sudah terjadi maka harus mencari verb kedua, namun kita akan mengucapkannya secara otomatis tanpa harus memikirkannya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kita telah terbiasanya atau kenal bahwa itulah kata yang dipakai.

2. Tidak perlu fokus belajar grammar

Grammar??? Kayaknya kebanyakan orang yang belajar grammar akan bilang pusing memikirkannya. Apalagi jika harus melakukan speaking, mesti cari grammar yang pas saat mau bicara dan tentu hal ini akan memperlambat kita saat akan melakukan speaking jadinya speaking kita pun jadi gak lancar.

Nah, kabar gembira nih. Menurut metode Hoge ini, kita gak usah mempelajari grammar secara spesifik lagi. Maksudnya saat kita ingin melatih speaking bahasa Inggris kita gak usah fokus mempelajarai grammarnya. Intinya sama kayak tentang frase tadi, kalau kita sudah terbiasa menggunakan kata makan di waktu yang sudah lewat dengan kata ate dan tanpa mengingat eat nya lagi, atau mengucapkan eat di waktu sekarang tanpa harus mengingat ini adalah verb pertamanya yang harus dipakai di waktu present, maka speaking kita akan keluar dengan otomatisnya tanpa harus memikirkan atau menentukan grammarnya lagi.

3. Mendengarkan, mendengarkan, dan mendengarkan

Hal yang paling penting dalam melatih speaking adalah mendengarkan. Kita harus sering, sering, sering dan sangat sering mendengarkan audio berbahasa Inggris, baik itu melalui berita, reality show, film, lagu ataupun audio berbahasa inggris lainnya. Ini akan membantu kita dalam pronounciation dan memperbanyak perbendaharaan frase kita.

Karena zaman yang semakin berkembang dan bahasa pun juga ikut berkembang dalam penggunaannya, jadi alangkah baiknya jika kita memilih media tersebut dengan situasai terbaru. Contohnya saja film, gaya bahasa yang digunakan pada film era 90-an akan jauh berbeda dengan gaya bahasa sekarang sehingga jika ingin mendengarkan bahasa inggris melalui film sebaiknya carilah film yang kekinian jadi bahasa yang dipakaipun akan mengikuti bahasa yang saat ini sedang digunakan secara umum.

Untuk artikel 7 rahasia sukses menguasai speaking bahasa Inggris ini cukup rahasia dulu ya, sobat. Kelanjutannya di artikel berikutnya. Ditunggu ya 😉
Lihat / Tinggalkan Komentar
- Powered by Blogger. Ahmad Rifai - Cara Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang 7 Rahasia Sukses Menguasai Speaking Bahasa Inggris #1 yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat