Rumah Sehat - Jaga Kesehatan Dimusim Hujan - BBT: Panduan blogger untuk pemula - tutorial jilbab / hijab, download aplikasi, software, kecantikan, kesehatan, silabus, rpp, KTSP, CPNS, mp3, video

Rumah Sehat - Jaga Kesehatan Dimusim Hujan

Musim Hujan Tiba.

Rumah Sehat adalah salah satu faktor yang dapat menentukan kesehatan anda.
sehat di musim hujan
Seringkali saat musim hujan kita berkumpul dengan orang-orang tercinta menghabiskan waktu di rumah, entah sekedar untuk menonton film, menikmati teh dan pisang goreng di sore hari, atau bersantai membaca buku. Mungkin juga Anda menghabiskan waktu lebih banyak di rumah dibanding di luar di musim ini. Menjaga rumah bersih dan sehat setiap saat sudah pasti perlu diprioritaskan agar seluruh penghuninya nyaman dan betah belama-lama di rumah. Selain itu, rumah bersih dan sehat juga merupakan cara terbaik untuk mencegah bakteri berkembang biak sehingga Anda sekeluarga tetap sehat di musim hujan.

1. Bersihkan ventilasi, exhaust fan dan AC.

Angin kencang yang berembus melalui lubang ventilasi ruangan bisa turut meniup debu dan kotoran yang menumpuk di sana. Bersihkan secara seksama, demikian juga dengan exhaust fan yang sangat dibutuhkan di musim penghujan untuk mencegah kelembapan udara di ruangan terlalu tinggi. AC pun perlu dibersihkan, terutama di saat kelembapan tinggi di musim hujan karena bakteri senang berkembang biak di tempat lembap dan kotor.

2. Bersikan selokan dan saluran air hujan di atap

rumah sehat

Pastikan air hujan bisa mengalir lancar untuk menghindari genangan air. Waspadai nyamuk penyebar demam berdarah dengan memastikan semua ember, pot, dan saluran air tidak tergenang air.

3. Manfaatkan koran bekas

Letakkan beberapa lembar koran di depan pintu masuk untuk menyerap air di sepatu. Ganti koran dengan yang baru setiap hari. Letakkan juga koran di bawah rak sepatu untuk menyerap tetesan air dari sepatu sekaligus menyerap kelembapan di ruang penyimpanan sepatu. Ganti koran dengan yang bersih sesering diperlukan. Teknik koran bisa juga dipakai di mobil untuk menjaga karpet mobil kering sehingga mobil tidak berbau apak di musim hujan.

4. Cuci baju lembap segera

Jangan tunda mencuci baju lembap dan jangan tumpuk di atas cucian lain yang kering. Baju lembap dan kotor bisa menyebabkan cucian lain yang kering turut menjadi lembap dan bakteri semakin berkembang biak. Cuci segera atau gantungkan baju lembap untuk dikeringkan jika memang tidak sempat dicuci.

5. Keringkan hewan peliharaan segera

Jika anjing atau kucing Anda masuk rumah setelah kehujanan, keringkan segera dengan handuk atau pengering rambut. Jangan tunggu hingga hewan kesayangan berkeliaran di seluruh rumah, mengibaskan bulunya dan membasahi sofa atau karpet. Lebih baik mencuci handuk hewan peliharaan Anda daripada harus membersikan sofa atau karpet rumah, bukan?

6. Simpan kotak penyerap kelembapan di lemari

Lemari baju dan lemari dapur adalah dua tempat yang biasanya cenderung lembap. Baju lembap jadi berbau apak dan bisa memicu timbulnya jamur, demikian juga di lemari dapur. Letakkan kotak penyerap kelembapan dan ganti dengan yang baru ketika kotak sudah penuh.
Selamat menikmati rumah bersih dan sehatserta nyaman musim hujan kali ini!

Artikel ini dikirim oleh : Ady Nugroho - https://plus.google.com/117504665922834840140
loading...
Lihat / Tinggalkan Komentar
- Powered by Blogger. Ahmad Rifai - Cara Membuat Blog

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Rumah Sehat - Jaga Kesehatan Dimusim Hujan yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat