Macam-macam Sholat Sunnah Lengkap Dan Hikmahnya - BBT: Macam-masam sholat sunnah dan niat serta cara mengerjakannya bisa dibaca berikut

Macam-macam Sholat Sunnah Lengkap Dan Hikmahnya

Macam-macam Sholat Sunnah Lengkap Dan Hikmahnya
Sholat sunnah atau ada pula yang menyebutnya dengan nama-nama lain yaitu sholat mandubah, sholat tatawwu', sholat nafilah atau sholat mustahabah. Yang artinya kurang lebih sama saja yaitu sholat sunnah. Merupakan sholat selain sholat fardhu yang apabila dikerjakan akan mendatangkan pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapat dosa.

Meskipun seseorang yang tidak mengerjakan sholat sunnat itu tidak akan berdosa namun sangat dianjurkan sekali untuk melaksanakannya. Karena sebagai tambahan dari sholat-sholat fardhu kita yang mungkin ada kekurangannya saat kita mengerjakan. Sebagaimana yang disebutkan seperti dalam hadits berikut:
Diriwayatkan oleh Abu Daud: Dari Abu Hurairah radiyallahu'anhu, Rasulullah SAW. bersabda: "Sesungguhnya yang pertama-tama akan dihisab dari amal perbuatan ,manusia pada hari kiamat itu adalah sholat. Tuhan berfirman kepada malaikat, sedangkan Ia adalah Maha Lebih Mengetahui: "Periksalah sholat hamba Ku, cukupkah atau kurang? Maka jikalau terdapat cukup, dicatatlah cukup. Tetapi jika terdapat kekurangan, Tuhan berfirman pula: Periksalah lagi, apakah hamba Ku itu mempunyai amalan sholat sunnah? Jikalau terdapat (ada sholat sunnahnya) lalu Tuhan berfirman lagi: Cukupkanlah kekurangan sholat fardhu hambaKu itu dengan sholat sunnahnya". Selanjutnya diperhitungkanlah amal perbuatan itu menurut cara demikian".
Berbeda dengan sholat fardhu yang lebih baik jika melaksanakannya di masjid. Sholat sunnah lebih diutamakan dikerjakan di rumah. Namun memang ada beberapa sholat sunnah yang juga dapat dikerjakan di masjid, langgar atau tempat lapang lainnya. Bahkan ada salah satu sholat sunnah yang mengerjakannya memang harus di dalam masjid. Sholat sunnah biasanya dikerjakan sendirian, namun ada beberapa yang juga dapat dilaksanakan secara berjamaah.

أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ اْلإِسْـلاَمِ، فَقَالَ: خَمْسُ صَلَوَاتٍ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ. فَقَالَ الرَّجُلُ: هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهُنَّ؟ قَالَ : لاَ، إِلاَّ أَنْ تَطَوَّعَ

“Bahwa seseorang bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang (kewajiban-kewajiban) dalam Islam, lalu beliau menjawab: Melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Orang itu bertanya lagi: Adakah kewajiban lain atas diriku? Beliau menjawab: Tidak ada, kecuali engkau mengerjakan shalat sunnah."

Macam-macam sholat sunnah

Hikmah dan keutamaan sholat sunnah

Sholat sunnah jika dikerjakan secara baik, niat yang ikhlas, khusuk dan berterusan dikerjakan maka akan memberikan hikmah yang sangat besar bagi kita kaum muslimin.

Beberapa hikmah dan keutamaan yang dapat kita ambil dari sholat sunnah diantaranya, adalah:
  • Mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Karena selain mendapatkan pahala dari sholat fardhu yang selalu kita laksanakan, kita juga akan mendapat pahala dari sholat sunnah.
  • Dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika dalam 24 jam sehari kita melakukan aktifitas dunia yang mungkin saja itu menyebabkan kita lupa dengan Allah. Setidaknya sholat sunnah akan menambahkan zikir(ingat) kita kepada Tuhan.
  • Memelihara diri kita dari perbuatan, maksiat, keji dan mungkar. Karena bagi orang yang benar mengerjakan sholat maka dia akan ingat kepada Tuhan dan setelah selesai sholat pun akan selalu membawa zikirnya di dalam aktifitas lainnya. Sehingga orang yang dalam keadaan ingat dengan Tuhan tidak akan pernah melakukan hal buruk seperti perbuatan maksiat, keji atau mungkar.
  • Sebagai salah satu sarana berdo'a dan memohon pertolongan dan ampunan kepada Allah SWT. Walau sebenarnya tidak ada batasan atau waktu tertentu yang dikhusukan untuk kita berdo'a, namun setidaknya saat sholat itu kita lebih mempersiapkan diri lagi dengan beribadah lebih sungguh-sungguh.
  • Dapat menghapus dosa. Dengan keridhoan Allah, sholat sunnah yang kita laksanakan dengan benar akan dapat menghapuskan dosa yang mungkin sering kita lakukan.
  • Diangkat derajatnya disisi Allah SWT. karena setiap kali sujud dalam sholat sunnah maka satu derajat diberikan kepadanya.
Lihat / Tinggalkan Komentar
- Powered by Blogger. Ahmad Rifai

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Macam-macam Sholat Sunnah Lengkap Dan Hikmahnya yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat