Cara Mudah Membuat Subtitle pada Film dan Video Sendiri - BBT: Berikut tutorial cara membuat subtitle pada film atau video kita sendiri. Tanpa menggunakan software, cukup hanya dengan menggunakan

Cara Mudah Membuat Subtitle pada Film dan Video Sendiri

Sobat, kali ini blogbacatulis.com akan berbagi tutorial cara membuat subtitle pada sebuah video atau film. Kalau biasanya sobat sering menonton film asing yang tidak sobat mengerti bahasanya, tentu berharap ada subtitle yang bisa dibaca supaya sobat bisa faham isi dari film tersebut. Nah, bagaimana kalau sekarang kita sendiri yang membuat subtitle nya. Jadi, kita bisa membuat terjemahan ataupun subtitle sesuai dengan bahasa kita sendiri yang kita inginkan.

Cara membuat subtitle ini cukup sederhana karena tidak perlu menggunakan software khusus pembuat subtitle. Cukup menggunakan program seadanya yang kita miliki di komputer atau laptop. Cukup dengan bantuan notepad kita sudah bisa membuat subtitle video sendiri. Berikut tutorial cara pembuatannya ya.
cara mudah membuat subtitle

Cara membuat subtitle film dan video

Sebelum saya jelaskan langkah-langkahnya, sebaiknya perhatikan dulu contoh format penulisannya berikut ini. Untuk mempermudah penjelasan, tulisannya saya bikin berwarna ya.

1
00:00:10,000 --> 00:00:13,500
isi dari pembicaraan

(biru)
Angka ini kegunaannya untuk menentukan urutan subtitle yang akan keluar pada video kita. Angka satu menunjukan urutan pertama yang akan lebih dulu keluar dan begitu seterusnya. Jika kita tidak menuliskan urutan subtitle ini, maka subtitle yang kita buat akan muncul secara bersamaan dalam waktu yang sama.

(merah)
Ini adalah waktu munculnya teks subtitle dan durasi kemunculannya. Harus diisi dengan format jam:menit:detik,milidetik sesuai dengan waktu kemunculan yang kita inginkan, atau sesuai suara yang ada pada film/videonya. Tanda panah yang menunjuk kepada batas akhir kemunculan teks, ditulis dengan menggunakan format -->.Tanda panah ini jangan sampai salah ya, itu penulisannya dengan menggunakan 2 garis datar kemudian tanda > karena kalau beda dari format tersebut maka subtitle tidak akan bisa muncul. Dan waktu setelah tanda panah itu menunjukkan batas akhir kemunculan teks.

(merah muda)
Ini adalah isi teks yang akan dimunculkan pada video.

Edit Teks Subtitle

Untuk mengedit teks, kita dapat mengikuti cara bahasa html.
  • Untuk membuat tulisan miring, gunakan kode <i>tulisan</i>. Contoh: yang kita tulis adalah seperti ini <i>Aku Doraemon</i>, dan yang akan muncul nantinya seperti ini Aku Doraemon
  • Untuk tulisan tebal, gunakan kode <b>tulisan</b>. Contoh: kita tulis <b>Aku Doraemon</b> dan tampilannya akan jadi seperti ini Aku Doraemon
  • Untuk membuat teks menjadi berwarna, gunakan kode <font color="#09EA50">tulisan</font>Pada bagian kode warna yang saya beri warna putih, bisa sobat ganti dengan menuliskan warna menggunakan bahasa inggris, misalnya red, yellow, blue, green, dan lainnya. Atau jika ingin menggunakan warna lain yang lebih menarik bisa menggunakan kode warna angka, contoh: #099999 untuk tosca. Contoh: Kita tulis <font color="#099999">Aku Doraemon</font>, maka nanti yang muncul akan jadi seperti ini Aku Doraemon
  • Untuk mengubah ukuran teks, gunakan kode <font size="20px">tulisan</font>. Angka 20 bisa sobat ganti dengan ukuran teks yang sobat inginkan. Setelah angka, kita dapat menyertainya dengan tulisan px (pixel) ataupun % (persen) atau bisa juga tidak perlu disertai apapun, cukup angka ukuran nya saja.
  • Dan beri jarak 1 spasi untuk urutan teks subtitle yang berikutnya.

Untuk mempermudah kita menentukan waktu agar sesuai dengan video, sebaiknya kita sambil membuka videonya agar kita dapat mencocokkan waktu kemunculan teks dengan suaranya.

Jika semua teks subtitle telah selesai, simpan dengan cara pilih File -> Save as -> File name (isi nama subtitle sama dengan judul film atau video) dan tambahkan .srt dibelakangnya. Contoh ngerayubaper.srt dan pada kolom Save as type pilih All files, lalu save. Selesai. Lihat contoh video bersubtitle berikut ya:
Subtitle buatan kita sendiri sudah siap, tinggal menggabungkannya dengan film atau video kita.
Demikian artikel cara mudah membuat subtitle film dan video sendiri ini ya sobat, untuk cara menggabungkan subtitle dengan video akan blogbacatulis.com bahas di artikel selanjutnya.
Lihat / Tinggalkan Komentar
- Powered by Blogger. Ahmad Rifai

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang Cara Mudah Membuat Subtitle pada Film dan Video Sendiri yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat