-->
WIRAUSAHA JASA PROFESI DAN PROFESIONALISME - BBT: Panduan blogger untuk pemula - tutorial jilbab / hijab, download aplikasi, software, kecantikan, kesehatan, silabus, rpp, KTSP, CPNS, mp3, video

WIRAUSAHA JASA PROFESI DAN PROFESIONALISME

 Wirausaha

Apa yang dimaksud dengan wirausaha? Wirausaha sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha. Atau secara umumnya wirausaha dapat diartikan sebagai kegiatan usaha yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri dengan tujuan menghasilkan barang atau jasa. Tujuan dari wirausaha adalah untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelum diolah.

Ciri-ciri Wirausaha

- Berani mengambil keputusan serta risiko.

- Berjiwa kepemimpinan.

- Memiliki daya kreasi serta inovasi tinggi.

- Dapat berfikir jangka panjang untuk masa depan.

- Dapat menganalisis dengan tepat.

- Memiliki semangat serta kemauan yang keras.

- Memiliki sifat hemat atau tidak konsumtif.

Sikap-sikap yang harus dimiliki wirausahawan

- Bersikap penuh tanggung jawab atas segala risiko yang dihadapi, wirausahawan harus selalu mempertimbangkan dengan matang keputusan yang akan diambil untuk meminimalisir risiko kedepannya.

- Bersikap percaya diri atas keyakinan kepada kemampuan diri sendiri dalam mencapai keberhasilan.

- Energik dalam beraktivitas di segala bidang wirausahan.

- Berorientasi pada masa depan atau tidak terlalu memikirkan masa lalu, namun tetap belajar dari kesalahan di masa lalu.

- Memiliki sikap kepemimpinan dalam pengelolaan organisasinya.

- Nilai prestasi yang diimpikan adalah uang atau hasil yang mencapai target.

Jasa Profesi dan Profesionalisme

Secara umum, jasa atau dalam ilmu ekonomi disebut juga dengan layanan dapat diartikan sebagai suatu pemberian tindakan atau kinerja dari satu pihak kepada pihak lain. Jasa ini diproduksi dan dikonsumsi secara persamaan, jasa tidaklah berbentuk kelihatan namun dapat dirasakan hasilnya setelah jasa tersebut dilakukan.

Profesi secara mudahnya bisa kita artikan sebagai pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan pengetahuan khusus terhadap pekerjaan tersebut.

Profesional adalah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.Jadi dapat disimpulkan profesional yakni orang yang menjalankan pekerjaan (profesi) sesuai dengan keahliannya. Dan Profesionalisme merupakan sebutan yang mengacu kepada sikap mental seorang pekerja profesional untuk  mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.




Lihat / Tinggalkan Komentar
- Powered by Blogger. Ahmad Rifai

Terimakasih telah membaca , semoga artikel tentang WIRAUSAHA JASA PROFESI DAN PROFESIONALISME yang ada di blog ini bermanfaat buat sobat